Honda CBR600RR 2021, Motor Sport Berteknologi Canggih Akhirnya Unjuk Gigi
- 26/08/2020
902 views
Honda CBR600RR 2021, motor sport kapasitas menengah yang mendapatkan kesegaran baru dengan tampilan yang terinspirasi dari Fireblade dan beberapa tambahan perangkat premium.
Honda CBR600RR 2021 telah resmi diumumkan di pasar Jepang dengan menampilkan rupa terbarunya yang juga dilengkapi teknologi canggih dirancang untuk memberikan keunggulan lebih dibanding rivalnya baik saat dipacu di jalan maupun di sirkuit.
Setelah berbulan-bulan berhembus kencang rumor yang mengatakan bahwa Honda sedang menyiapkan CBR600RR middleweight setelah peluncuran global CBR1000RR-R Fireblade, akhirnya pabrikan asal Jepang tersebut telah resmi mengumumkan CBR600RR pada 21 Agustus lalu.
Hari yang dinanti-nantikan telah tiba dan mari kita lihat lebih lanjut. Tampilan CBR600RR hampir persis sama dengan render digital dan foto teaser yang sudah muncul beberapa minggu sebelumnya. CBR600RR kini siap menunjukkan kebolehannya. Motor ini tampil dengan livery warna khas HRC terbaru yang terinspirasi dari kakaknya dan lampu depan yang lebih tajam dan diposisikan agak mendalam menjadikan tampilannya lebih atraktif.
Selain itu, tidak ada hal yang berbeda. Bisa dikatakan bahwa Honda CBR600RR 2021 mendapat update sedikit saja yang mungkin tidak akan terlalu mendongkrak penjualannya dibanding ketika pertama kali motor ini keluar. Memang seperti inilah lesunya permintaan global saat ini untuk pasar motor sport 600 cc dan lainnya. Jika Honda bisa mengubah keadaan, tentu akan mengejutkan banyak pihak.
Namun, kondisi tersebut adalah gambaran untuk pasar Eropa dan Amerika karena Honda belum menyesuaikan mesinnya agar dapat lolos syarat regulasi emisi yang ketat. Jadi, CBR600RR terbatas untuk pasar Asia dan Australia saja.
Untuk urusan dapur pacu, motor ini memakai mesin 599cc inline-4 yang mendapat ubahan kecil dengan tenaga maksimal mencapai 14.000 rpm. Noken as, per klep dan kruk as barunya menjaga kondisi motor tetap prima serta knalpotnya telah dimodif untuk meningkatkan power dari 113 hp menjadi 119 hp. Ini membuat CBR600RR sejajar dengan Yamaha R6 yang menyemburkan tenaga 117 hp, namun masih kalah dari Kawasaki ZX-6R dengan tenaga 127 hp.
Walaupun tidak mendapat tambahan ekstra huruf “R” di belakang namanya seperti CBR1000RR-R terbaru, Honda CBR600RR 2021 memiliki keunggulan sendiri di perangkatnya seperti dasbor TFT full colour dan lampu LED serta dilengkapi pula dengan throttle mode, traction control, wheelie control, engine braking mode dan lean-angle sensitive ABS terbarunya.
Jadi, apa sih yang membuat motor ini heboh walau tidak bisa dijual secara global dan hanya segelintir part-nya yang diperbarui?
Mungkin motor ini bisa mendongkrak kembali kejayaan Honda di kategori Supersport World Championsip, sama seperti yang Honda lakukan dengan CBR1000RR-R di kelas WorldSBK.
Memang tidak ada yang bisa mengalahkan rekor Honda di Supersport. Banyak rider seperti Chris Vermeulen, Andrew Pitt, Kenan Sofuoflu, Jonathan Rea dan Michael van der Mark yang meraih masa kegemilangannya di kelas WorldSSP dengan menunggangi motor Honda.
Namun, beberapa tahun belakangan ini CBR600RR sering dikalahkan oleh Kawasaki, MV Agusta dan terutama Yamaha sampai-sampai tiga motor yang mendominasi 2020 berasal dari pabrikan yang sama.
Pada tahun yang sama dengan kembalinya HRC full pabrikan ke ajang WorldSBK, kita bisa asumsikan bahwa sumber daya itu bisa saja disalurkan ke tim WorldSSP sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan bintang-bintang berikutnya di masa yang akan datang.
Walaupun serinya tidak disebutkan secara spesifik, dengan Honda mengeluarkan motor berbasis racing dan juga street ini dapat memberi gambaran motor seperti apa yang akan hadir di kancah balapan Eropa tahun 2021 mendatang.
Spesifikasi Honda CBR600RR 2021 (Spek Jepang)
Nama model | CBR600RR | |
Tipe model | Honda 2BL-PC40 | |
Dimensi (P x L x T) (mm) | 2.030×685×1.140 | |
Jarak sumbu roda (mm) | 1,375 | |
Jarak terendah ke tanah (mm)★ | 125 | |
Tinggi jok (mm)★ | 820 | |
Berat (kg) | 194 | |
Jumlah pengendara (orang) | 2 | |
Fuel economy *6(km/L) | Berdasarkan informasi yang diserahkan ke Ministry of Land, Infrastructure and Transport Steady state fuel economy*7 (km/h) |
23,5 (60) <2 orang> |
WMTC mode ★ (kelas)*8 | 17,3 (kelas 3-2) <dengan 1 rider> | |
Minimum turning circle (m) | 3,2 | |
Engine ID/type | PC40E, inline-4 4 katup DOHC 4-tak, berpendingin cairan | |
Kapasitas mesin (cm3) | 599 | |
Bore x stroke (mm) | 67,0×42,5 | |
Rasio kompresi ★ | 12,2 | |
Power maksimum (kW[PS]/rpm) | 89[121]/14.000 | |
Torsi maksimum (N・m[kgf・m]/rpm) | 64[6,5]/11.500 | |
Fuel supply system | Electronic (PGM-DSFI) | |
Starter ★ | Self-starter | |
Ignition ★ | Fully transistorized, battery powered | |
Lubrikasi ★ | Force-fed dan splash | |
Kapasitas bahan bakar (L) | 18 | |
Kopling ★ | Wet, multiplat dengan per koil | |
Transmisi | Constant mesh, 6-percepatan tipe return | |
Rasio gir | 1st | 2,615 |
2nd | 2,000 | |
3rd | 1,666 | |
4th | 1,444 | |
5th | 1,304 | |
6th | 1,208 | |
Reduction (Primary★/Secondary) | 2,111/2,562 | |
Sudut caster (derajat)★/Trail (mm)★ | 24°06´/100 | |
Ban | Depan | 120/70ZR17M/C (58W) |
Belakang | 180/55ZR17M/C (73W) | |
Rem | Depan | Dual hydraulic disc |
Belakang | Hydraulic disc | |
Suspensi | Depan | Shock depan teleskopik (Inverted Big Piston Front Fork) |
Belakang | Swing arm (Unit Pro-Link) | |
Frame | Diamond |
Cek sparepart CBR600RR di sini
Cek sparepart CBR1000RR-R Fireblade di sini
Sumber [ Visor Down ]
Rayakan 46 Tahun Petronas, Yamaha Luncurkan Replika YZF-R1 Limited Edition
Ingin Bawa Pulang CBR1000RR-R Fireblade? Eits, Siapkan Dana 1M Dulu