Multistrada V4 Jadi Motor Pertama yang Pakai Radar Depan-Belakang!
- 08/10/2020
608 views
Multistrada V4 baru saja mulai diproduksi di pabrik Ducati yang berlokasi di Borgo Panigale. Motor ini akan jadi yang pertama mengusung teknologi radar depan dan belakang. Rencananya Multistrada V4 akan diperkenalkan secara utuh pada 4 November mendatang.
Untuk Multistrada generasi keempat, Ducati telah mengembangkan mesin V4 baru yang lebih ringan dan tangguh yang menonjolkan kesan adventurer tanpa menghilangkan sisi sportynya. Proses perancangan ulang mesinnya mampu mengantarkan Ducati dalam memecahkan rekor dunia yang akan dijelaskan lebih lanjut pada tanggal 15 Oktober.
Ducati akhirnya membawa teknologi radar ke dunia motor yang akhirnya menjawab rumor yang sudah tersebar sejak 2018 lalu. Pengadopsian radar ke kendaraan roda dua adalah hal pertama di dunia. Fungsinya adalah untuk memberikan kenyamanan dan riding assistance yang jauh lebih mumpuni, terutama dalam perjalanan jarak jauh.
Mengintip Ducati Multistrada V4 Saat Uji Coba!
Radar adalah sistem yang memberikan gambaran akurat tentang keadaan sekeliling motor sehingga rider bisa lebih awas saat berkendara. Ketertarikan Ducati terhadap teknologi ini muncul pada 2016 ketika mereka melakukan kolaborasi dengan Department of Electronics, Information and Bioengineering dari Politecnico di Milano untuk bereksperimen dalam penggunaannya. Berlanjut dari situ, dalam empat tahun Ducati mampu membawanya ke ranah motor dengan bantuan Bosch dan akan memulai debutnya di Multistrada V4.
Tiap radar mempunyai dimensi yang tidak memakan tempat dengan bobot 190 gram, hampir seperti action camera zaman sekarang, dan sudah terpasang menyatu ke body motor.
Radar yang terpasang di bagian depan mengatur Adaptive Cruise Control (ACC) yang berarti mengatur jalannya pengereman dan akselerasi yang otomatis menyesuaikan jarak motor dengan kendaraan lainnya ketika berkendara dalam kecepatan 30 hingga 160 km/jam. Sistem yang sudah terlebih dahulu digunakan untuk mobil ini sudah disesuaikan dengan dinamika sepeda motor. Sistem pengereman dan akselerasi otomatis sudah diset batasannya agar rider bisa menjaga kontrol motor dalam segala situasi.
Akankah Ducati Multistrada V4 Bermesin 1.158 cc?
Radar belakang berfungsi untuk mendeteksi dan melaporkan kendaraan yang ada di blind spot, atau yang berada di luar pantauan spion. BSD (Blind Spot Detection) memberikan sinyal kepada rider jika ada kendaraan yang melaju dalam kecepatan tinggi dari arah belakang.
Ducati bekerja sama dengan insinyur dan peneliti dari Politecnico di Milano dalam menyusun kontrol algoritma sistem radar ini dan mendaftarkan patennya pada Mei 2017. Bulan berikutnya, presentasi ilmiah dilakukan di IEEE – Intelligent Vehicles Symposium (IV) di Redondo Beach, California.
Adaptive intelligent system memang harus selalu dipantau dan dibenahi oleh rider karena sifatnya tidak autonomous atau bisa berfungsi sepenuhnya sendiri. Ducati selalu mengingatkan bahwa secanggih apapun sistem dan piranti keamanan yang disematkan pada motor, tanggung jawab utama tetap berada di tangan rider.
Sumber [ Ducati ]