7 Motor Terobosan Pertama di Dunia yang Membuka Era Baru
- 04/09/2020
857 views
Teknologi yang semakin berkembang memunculkan piranti-piranti yang canggih pada motor. Pabrikan berlomba-lomba menghadirkan invovasi terbaru agar dapat menarik hati para fans mereka dan bersaing di pasaran. Teknologi yang kini dihadirkan tidak terlepas dari peranan motor-motor awal yang menyematkan teknologi tersebut untuk pertama kali di dunia. Ini adalah daftar 7 motor keluaran 2007-2009 yang menjadi pioneer motor-motor selanjutnya.
Honda Forza Z 2004 (Sistem Smart Key Pertama di Dunia) mengalahkan saingannya dengan teknologi elektronik canggih
Model canggih Forza ini berevolusi ke generasi keduanya. Ini adalah motor pertama di dunia yang menggunakan smart key dan S-matik 6-speed yang dikendalikan secara elektronik.
Honda Forza Z 2004: Mesin 249 cc 4 katup SOHC satu silinder 4-tak berpendingin cairan, output 22 ps, torsi 2,4 kg-m, berat polos 174 kg. Harga pertama kali diluncurkan: 599.000 Yen
Tidak seperti card key milik NSR250R, smart key Forza tidak perlu diinstal di motor. Semua pengoperasian dapat dilakukan dengan hanya menekan tombol.
Cek sparepart Honda Forza Z di sini
Triumph Rocket 3 2004 (Mesin 2400cc Lebih Pertama di Dunia), Torsinya Edan!
Generasi pertama dari Rocket 3 ini diluncurkan tahun 2004 dan generasi keduanya akan dikeluarkan tahun 2020 ini. Rocket 3 menggendong mesin 2294/2458 cc 3 silinder sehingga menjadikannya sebagai motor dengan kapasitas terbesar yang pernah dipasarkan. Torsi maksimumnya adalah 20,4/22,25 kg-m dan angka ini juga menempatkannya sebagai motor dengan torsi terbesar yang pernah diproduksi.
Triumph Rocket-III 2004: Mesin 2.294 cc 4 katup DOHC 3 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan, output 142 ps, torsi 20,4 kg-m, berat 320 kg. Harga saat pertama kali diluncurkan: 2.205.000 Yen
Generasi kedua motor ini lebih menekankan kesan sporty dan mendapat pengurangan bobot 40 kg dibanding generasi pertamanya.
Cek sparepart Triumph Rocket III di sini
Suzuki GSX-R1000 2007 (Power Mode Selector Pertama di Dunia), motor pertama yang bisa memilih karakteristik mesin sesuai dengan kondisi berkendara!
GSX-R1000 yang pertama kali dirilis pada 2001 telah memaksimalkan output-nya selama bertahun-tahun. Model keluaran tahun 2007 ini memiliki 185 hp dan merupakan motor komersil pertama yang dilengkapi dengan S-DMS engine mode selector yang memudahkan handling saat motor digunakan untuk berkendara sehari-hari.
Suzuki GSX-R1000 2007: Mesin 999 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris berpendingin cairan, output 185 ps, torsi 11,9 kg-m, berat 172 kg.
Tombol yang berfungsi untuk memilih antara tiga mode mesin yang berbeda dengan tiga karakteristik yang dapat dipilih (mengubah pergerakan dari katup sekunder) berada di kotak saklar sebelah kanan.
Cek sparepart Suzuki GXS-R1000 di sini
Yamaha WR250R dan WR250X 2007, motor off-road pertama di dunia yang memakai rangka aluminium
Pada awal 2000-an, rangka aluminium sangatlah populer di dunia balapan off-road. WR250R dan WR250X adalah motor pertama yang menggunakan rangka aluminium ini untuk motor off-road. Motor tersebut berbasis konsep YZF-R1 untuk jalanan tanah yang merupakan motor pertama yang mengaplikasikan teknologi ini untuk motor produksi massal.
Yamaha WR250R dan WR250X 2007: Mesin 249 cc 4 katup DOHC satu silinder 4-tak berpendingin cairan, output 31 ps, torsi 2,4 kg-m, berat 123 kg. Harga saat pertama diluncurkan: 704.400 Yen
Didominasi oleh bahan aluminium, seperti motor racing. Namun, down tube WR series ini terbuat dari baja untuk menyeimbangkan antara rigiditas dan durabilitas.
Cek sparepart Honda W250R di sini
Cek sparepart Honda W250X di sini
Honda Gold Wing (Airbag) 2007, motor dengan airbag pertama di dunia sebagai pelindung depan pengendara
Honda yang sudah rajin mengadopsi teknologi ini di mobil mereka sejak 1960-an, berinisiatif pula memasang airbag di Gold Wing 2007. Selang waktu antara deteksi tabrakan dan bukaan airbag kurang lebih berjarak 0,015 detik.
Honda Gold Wing (Air Bag) 2007: Mesin 1.832 cc 4 katup SOHC 6 silinder 4-tak berpendingin cairan, berat 403 kg. Harga saat pertama diluncurkan: 3.465.000 Yen
Airbag, sensor tabrakan, inflator, ECU dan komponen yang berhubungan lainnya khusus dibuat lebih kecil dan ringan agar dapat disematkan ke motor.
Cek sparepart Honda Gold Wing di sini
MV Agusta F4CC 2007, motor dengan output lebih dari 200 hp pertama di dunia
MV Agusta F4 series telah dijual sejak 1998 dan model edisi terbatasnya mencatatkan penjualan yang baik. MV Agusta F4CC 2007 dengan body full carbonnya merupakan motor jalanan pertama yang memiliki output maksimum lebih dari 200 hp.
MV Agusta F4CC 2007: Mesin 1.078 cc DOHC 4 silinder berpendingin cairan, output 200 ps lebih, torsi 12,7 kg-m, berat 187 kg. Harga saat pertama diluncurkan: 100.000 Euro
Nama CC dari motor ini merupakan singkatan dari nama Claudio Castiglioni, mendiang presiden MV Agusta. MV Agusta F4CC ditenagai mesin 1078 cc.
Honda CBR1000RR 2009 (ABS depan belakang dikontrol secara elektronik pertama di dunia), secara otomatis mengatur distribusi pengereman depan-belakang berdasarkan kecepatan dan faktor lainnya
CBR1000RR adalah motor pertama yang menggunakan ABS depan belakang. Versi full power dari motor ini mampu menyemburkan output hingga 178 hp.
Honda CBR1000RR 2009: Mesin 999 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan, output 118 ps, torsi 9,7 kg-m, berat 211 kg. Harga saat pertama diluncurkan: 1.558.200 Yen
Cek sparepart Honda CBR1000RR di sini
Sumber [ Young Machine ]