Kawasaki Kembangkan Gearbox Semi-Auto
- 03/02/2021
656 views
Kawasaki tidak menciptakan teknologi ini sebagai tandingan DCT Honda. Sistem tersebut menggunakan berbagai tombol di dashboard untuk mengganti rasio gear, dan boleh dibilang bukan selera semua orang. Tentunya teknologi DCT sangatlah revolusioner, dan diproyeksikan akan jadi bawaan tiap motor dalam beberapa tahun mendatang. Tetapi, banyak juga yang lebih memilih sensasi mengganti gir seperti biasa, tanpa harus memencet berbagai tombol.
Kawasaki menciptakan interface elektronik yang dapat menyalurkan gerak naik dan turun handle ke aktuator yang ada di gearbox. Kedengarannya malah ribet, ya? Namun nyatanya, prinsip kerja sepeda motor tidaklah sesederhana yang kita kira, jadi teknologi ini bertujuan untuk mempermudah pengoperasiannya.
Karena desainnya berjenis shift-by-wire yang mudah dioperasikan, waktu yang dihabiskan untuk mengoper gigi sekarang sudah jadi 0, dan perancang sepeda motor bisa dengan bebas bermain dengan komponen ergonomis dan penempatan mesin. Tak ada lagi bagian motor yang menentukan di mana pedal dan gearbox bertemu.
Sistem ini akan jadi sangat berguna khususnya bagi motor cruiser dan tourer dengan posisi kaki yang lebih condong ke depan. Dengan teknologi ini, maka pedal operan gigi akan bisa dipasang di footstep belakang.
5 Jenis Sparepart Custom Terpopuler untuk ADV150
Sumber [ Visor Down ]
5 Jenis Sparepart Custom Terpopuler untuk ADV150
Keren! Ini 5 Sparepart & Aksesoris Modifikasi KTM RC 390 Terbaik 2021