Modifikasi Suzuki Hayabusa High Spec by K-2 Project Japan Custom Culture
- 27/02/2024
934 views
Suzuki Hayabusa yang satu ini agak beda dari motor custom yang K-2 biasa tangani. “Si pemilik motor ini sebenarnya datang ke bike shop kami bersama temannya yang punya Kawasaki ZZR1400. Setelah lihat-lihat ZZR dan ZX-14R punya customer lain, dia jadi ingin memodifikasi motornya sendiri. Waktu itu kami baru saja kedatangan Hayabusa high grade yang kemudian kami jadikan insipirasi.”
Mr. Kitamura dari K-2 menjelaskan kepada Webike hal-hal lain yang menginspirasinya dalam proses modifikasi motor ini. Si owner motor punya bayangan motornya jadi keren. Mr. Kitamura kemudian memberikan ide spesifik yang disetujui oleh si owner. Kemudian, dimulailah proses pemilihan part, matching tidaknya dengan satu sama lain, kelebihan dan kekurangannya, warna, dan penentuan budget.
“Motor flagship memiliki high performance, tapi juga ukuran dan berat yang luar biasa. Jadi, pertama-tama kami ganti velg untuk mengurangi bobot motor. Begitu sudah berkurang, kami kerjakan bagian suspensi untuk menyesuaikan bobot baru motor. Kami gunakan shockbreaker OHLINS yang bisa disetel tingkat kekerasan pernya. Tinggi motor juga bisa diturunkan agar menyesuaikan postur sang pemilik, dan kami bisa lakukan semua penyesuaian itu tanpa kesulitan berarti.”
Stang
Stang dan segitiga atasnya dari merk HURRICANE yang membuat handling motor jadi terasa lebih responsif. Tinggi shock depannya juga disesuaikan.
Master cylinder kanan kiri dari BREMBO yang spek racing dengan handle yang bisa ditekuk. Minyak rem dan koplingnya berwarna biru agar serasi dengan warna body motor. Biasanya K2 memberi minyak rem atau kopling warna hijau karena mereka biasa menangani motor-motor Kawasaki.
Bodywork
Bagian body, termasuk single seat, masih yang asli bawaan Hayabusa gen dua dengan cat yang dikerjakan oleh YF Design.
Mesin
Mesin empat silinder segaris 1340cc dan rangka Aluminium twin spar masih bawaan motor juga dengan tambahan frame slider di kanan kiri. Desain motornya terasa sama seperti aslinya walau tinggi motor dan penempatan beberapa komponen sudah diganti. Kecepatan motor bisa tembus 200 hp walau tanpa modifikasi pada mesin.
Sasis
Shock depannya memakan USD OHLINS yang bisa mengakomodasi bobot motor yang lebih ringan, berat badan sang owner, dan jarak pijakannya. Bagian rem depan melibatkan kaliper CNC 4P BREMBO dan disc cakram Premium Racing SUNSTAR agar lebih stabil.
Footstpenya buatan MAVERICK dengan spek setelan empat posisi agar pengoperasian dan holding jadi lebih mudah. Shockbreaker dibuat lebih turun agar sesuai dengan tinggi badan si pemilik. Tak lupa per shocknya juga disetel agar tidak terlalu berat di tikungan yang biasa terjadi jika tinggi shocknya diturunkan.
Rem belakang juga menggunakan kaliper BREMBO CNC 2P yang dipasang agak lebih turun dan disc cakram Premium Racing SUNSTAR.
Swingarmnya adalah produk custom terbaru dari K-2 Project. Velg depan belakang menggunakan velg Forged Aluminum M7RS Genesis dari MARCHESINI dengan ukuran yang sama dengan standar, yakni 3.50-17/6.00-17. Knalpot dual kanan dan kirinya dari NASSERT BEET Evolution Type II T2 dengan bahan silencer Titanium.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Knalpot | Knalpot Full System NASSERT Evolution Type II T2 BEET |
Rangka | Swingarm original K-2 PROJECT |
Rem |
Master Rem Radial Racing 19×18 BREMBO Set Kaliper Kanan Kiri CNC Radial GP4RX BREMBO Disc Cakram PREMIUM RACING SUNSTAR Kaliper Belakang CNC 2P 84mm BREMBO Disc Cakram Belakang PREMIUM RACING SUNSTAR |
Velg | Velg Depan Belakang Forged Aluminium M7RS Genesi MARCHESINI |
Suspensi |
Shock Depan Upside Down FG R&T 1200 OHLINS Shockbreaker OHLINS |
Footstep | Footstep Racing MAVERICK |
Gear dan Rantai | Master Kopling 16RCS Corsa Corta BREMBO |
Stang | Set Stang HURRICANE |
Junior Team Le Mans Sud Suzuki Rekrut Empat Rider untuk EWC Ronde Eropa
Modifikasi SR400 Ekstrem by Candy Motorcycle Laboratory Japan Custom Culture