Bagaimana Jadinya Kalau Ninja ZX-25R Dibikin Naked?

  • 21/10/2020
  •  1,951 views

ZX-25R Naked

Penjualan ZX-25R sangatlah fantastis. Lalu, apa jadinya kalau Kawasaki juga memproduksi ZX-25R versi naked?

Kawasaki Ninja ZX-25R adalah motor dengan kepopuleran yang sangat bombastis. Ke depannya, pabrikan-pabrikan lainnya juga akan berlomba-lomba membuat motor dengan mesin 4 silinder. Jika itu terjadi, apakah langkah Kawasaki berikutnya?

Mengingat budget untuk mengembangkan mesin dan lainnya tidaklah sedikit, mungkin Kawasaki akan memunculkan ZX-25R versi standard naked. Kawasaki memang rajin memproduksi motor-motor baru versi lain dari yang motor yang sudah ada. Sebut saja Ninja 250 dan Ninja 400 yang memunculkan Z250 dan Z400, lalu ada juga Z900 yang kemudian hadir dalam sosok Z900RS. Balius, motor naked Kawasaki, lahir dari ZX250 yang merupakan motor 250 cc pertama yang mengusung 4 silinder.

Young Machine mencoba memprediksi seperti apa rupa ZX-25R kalau disulap jadi naked. Atau, sebenarnya Kawasaki sudah merencanakannya juga?

[Baca Juga]
Kawasaki Mau Pamer Motor Baru 2021 Apa Sih Bulan Ini?

Seat rail dibuat lebih rendah untuk menghadirkan bentuk yang berbeda

Saat ini, banyak pabrikan yang tidak hanya mengembangkan mesin namun juga body motornya. Kawasaki mengubah Z900RS menjadi motor dengan imej yang benar-benar berbeda dari Z900 dengan menurunkan seat rail-nya.

Seat Rail Ninja ZX-25R

Dari Z900 (kiri) menjadi Z900RS (kanan) dengan seat rail yang diposisikan lebih rendah.

Selanjutnya, mari kita lihat prediksi desain Ninja ZX-25R jika dibuat versi naked persembahan dari Young Machine.

Ide 1: Balius, motor naked sport neo klasik berbasis ZXR250

Berbasis mesin ZXR250 yang merupakan awalan mesin 4 silinder Kawasaki, muncullah versi naked-nya dalam rupa Kawasaki Balius. Ini adalah motor naked baru Kawasaki yang memiliki suara yang garang saat melesat dengan cepat di jalanan. ZX-25R yang sudah populer ditambah dengan keunikan dari Balius, bisa dibayangkan dahsyatnya akan seperti apa.

Ninja ZX-25R Naked Balius

Kawasaki Balius 1991

Kawasaki Balius 1991: Motor naked berbasis ZXR250 dengan rangka pipa baja khusus. Motor ini selanjutnya dikembangkan menjadi Balius-II dengan dua shock belakang sehingga kesan naked-nya makin terasa. ■ Mesin 249 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan. Output 45 ps, torsi 2,6 kg-m, berat 141 kg.

ZX-25R dan motor 250 cc 4 silinder lainnya didisplay berdampingan di Kawasaki World. Balius juga terlihat di sana.

Kawasaki World

Kawasaki World berlokasi di Kobe Maritime Museum dan di sini Anda bisa melihat dan merasakan beragam teknologi yang dimiliki Kawasaki Heavy Industries Group, termasuk motor mereka. ● Alamat: 2-2 Hatoba-cho, Chuo-ku, Kobe-shi, Hyogo ● URL: https://www.khi.co.jp/kawasakiworld/

Ide 2: Z400FX, hidupkan kembali garis body tajam khas Z series

Selama krisis minyak yang melanda pada pertengahan tahun 1970-an, jarang ada pabrikan yang mengeluarkan motor yang disokong mesin 4 silinder di kelas 400 cc. Di tengah-tengah krisis tersebut, Kawasaki menghadirkan Z400FX. Tidak disangka, motor 4 silinder segaris ini booming di pasaran. Dengan desain garis body tajam khas Z series, “Kaku Z”, motor ini mirip kakaknya Z1000Mk-II dan Z750FX yang masih populer saat ini. Kawasaki sudah tidak lagi memproduksi ZRX1200 Daeg sehingga tidak ada lagi motor yang memiliki ciri khas garis body seperti itu sekarang.

ZX-25R Naked Z400FX

Kawasaki Z400FX 1979

Kawasaki Z400FX 1979: Motor yang menghidupkan kembali 4 silinder di kelas 400 cc. Menyusul pernyataan Honda bahwa motor 400 cc tidak membutuhkan 4 silinder, Kawasaki seolah ingin membuktikan hal yang sebaliknya dengan merilis Z400FX yang menjadi primadona kala itu. ■ Mesin 399 cc 2 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin udara. Output 43 ps, 3,5 kg-m, berat 189 kg.

[Baca Juga]
Trick Star Rilis Rearset untuk ZX-25R

Ide 3: Z900RS, Zephyr style

Soal motor naked jadul, Z1 dan Z2 series yang memiliki desain garis body bulat “Maru Z” ini adalah model yang paling terkenal. Sama halnya dengan Z900RS, seat rail motor ini telah didesain ulang. Dengan shock depan upside down dan bentuk swingarm yang melengkung, Z900RS ini bisa jadi inspirasi ZX-25R naked dengan gaya Zephyr dan sporty ini.

ZX-25R Naked Z900RS

Kawasaki Z900RS 2018

Kawasaki Z900RS 2018: Mengubah mesin dan rangka Z900 yang merupakan motor bergenre steet fighter menjadi motor yang sangat berbeda. Motor ini salah satu motor Kawasaki terpopuler untuk cc besar. ■ Mesin 948 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan. Output 111 ps, torsi 10,0 kg-m, berat 215 kg.

Ide 4: Z series terbaru, Z900 2020

Jika ZX-25R dibuat mirip seperti Z900 juga sangat menarik karena memiliki desain Sugomi khas Kawasaki. Sama halnya dengan Z H2 yang bertipe supercharge naked, konsep motor 250 cc 4 silinder naked juga patut dilirik. Terlebih lagi, seat rail ZX-25R yang mirip tingginya dengan Z900 juga dapat meminimalkan development cost dengan mempertahankan rangka yang sudah ada.

ZX-25R Naked Z900

Kawasaki Z900 2020

Kawasaki Z900 2020: Z series terbaru dengan desain Sugomi khas Kawasaki. Motor ini beraliran street fighter tipe naked. ■ Mesin 948 cc 4 katup DOHC 4 silinder segaris 4-tak berpendingin cairan. Output 125 ps, torsi 10,0 kg-m, berat 213 kg.

[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Ninja ZX-25R di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Z900 di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Z900RS di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Balius di sini
[Webike Indonesia]
Cek Sparepart Kawasaki Z400FX di sini

Sumber [ Young Machine ]

Related post

Return Top