Custom Ciamik Kawasaki GPZ900R oleh K-Factory Japan Custom Culture
- 01/07/2022
806 views
Japan Custom Culture
Custom GPZ900R oleh K-Factory
GPZ900R mulai populer ketika Tom Cruise mengendarainya di film “Top Gun” dan terus digandrungi hingga saat ini. Motor ini merupakan jenis motor sport Ninja paling awal.
Kali ini, kami akan membahas mengenai Kawasaki GPZ900R yang dimodif oleh K-Factory.
Mesin
Mesinnya dibore-up hingga 1025cc dengan piston forged Wiseco berdiameter 75 x 58mm dan kruk as 58mm yang aslinya dibuat untuk ZX-10.
Bak olinya menciptakan siluet yang lebih tegas di bagian bawah mesin sekaligus menyediakan fungsi pendingin.
GPZ900R aslinya menggunakan rangka diamond yang berarti motor ini tidak memiliki down tube. Down tube mencegah rangka utama dari kerusakan dan lekukan bahkan saat motor dipacu pada tenaga dan kecepatan tinggi.
Cover kopling dengan desain unik ini sangat menarik mata. Dengan warna yang serasi dengan mesinnya, cover ini memperlihatkan tampilan yang keren, chic dan mewah. Slider duracon-nya juga dapat dipasang dan akan melindungi mesin ketika motor terjatuh.
Untuk cover pulse, terdapat logo K-Factory di bagian depan sehingga menciptakan desain dan tekstur yang lain daripada yang lain.
Intake & Exhaust
Pemilihan karburator yang sesuai merupakan poin penting dalam urusan modifikasi motor karbu. Terutama karburator FCR yang paling populer dalam custom motor vintage dan tentunya karburator tersebut dipakai di GPZ900R ini. Akselerasinya mantap dengan karburator ini.
Mari beralih ke knalpotnya yang memiliki aksen emas yang mentereng. Ini adalah hasil dari pengalaman K-Factory di dunia balap. Nama “D-header” datang dari bentuk pipa headernya yang menyerupai huruf D. Berkat powernya yang bertambah signifikan, pipa knalpot ini membuat GPZ bahkan lebih asyik untuk dikendarai.
Suaranya relatif rendah karena silencer berbentuk segienamnya, namun begitu digeber, suaranya langsung menggelegar.
Sasis
Sasisnya kokoh dan tidak kalah dari yang dimiliki motor-motor saat ini.
Dengan menggunakan shock depan upright Ohlins berdiameter 43, K-Factory memilih as luar dan dalam warna hitam agar cocok dengan sasisnya. Mereka membuat tampilan depannya lebih ramping dengan menekankan kombinasi warna kuning dan hitam.
Shock belakangnya menggunakan shock dari YSS dan per dari Hyperpro. Dengan kata lain, ini adalah shock belakang yang tidak biasanya dipakai. Hal ini membuktikan keseriusan K-Factory dalam menggarap motor custom ini.
Velg 5 palangnya dirancang agar tetap stabil saat pengereman keras pada kecepatan tinggi.
Swingarmnya mengadopsi pipa kotak besar Duramax dengan spesifikasi dimensi cross-section. Swingarm ini merupakan hasil evolusi dari swingarm biasa untuk meraih kekokohan tingkat tinggi sekaligus mengurangi berat. Karakteristik aslinya lebih ditingkatkan.
Sekilas, hanya bagian hitam saja yang terlihat seperti rearset, namun sebenarnya semua bagian berwarna silver itulah rearset-nya. Fitur yang paling mencolok adalah bagian silver berbentuk oval. Bagian ini dapat dipasang terbalik untuk membuat posisi pivot lebih rendah sekitar 20mm.
Body
Pelindung handle dan billetnya terbuat dari aluminium CNC. Pelindung handle ini umumnya digunakan di balapan, namun juga berfungsi sebagai pelindung tangan rider saat berkendara di jalanan. Handle billet-nya berbentuk ramping, mudah digenggam dan memberikan kesan yang tegas. Selain itu, rider dapat mengatur handle dengan sarung tangan saat berkendara jika setelan handle atau kabel setelan opsional dipasang.
Tutup tabungnya sendiri menjadi bukti betapa K-Factory memperhatikan hingga ke detail terkecil. Tutup ini mengubah keseluruhan tampilan area stang.
Segitiga aluminium CNC ini lebih ringan dan membuat handling lebih nyaman serta lebih kuat dari bawaan.
Kelistrikan
Kotak speedometer di motor-motor vintage menggunakan lampu pijar yang tidak terlalu kentara saat malam. Di motor ini, lampu sudah diganti ke LED yang membuatnya lebih terang. Selain itu, lampu ini 50% lebih irit! Sudah pasti lampu ini dibuat sebagai lampu ramah aki untuk motor-motor jadul.
Video
Video ini berisi detail part yang dipakai dan diakhiri dengan suguhan suara pipa knalpotnya.
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Bak Oli Billet Aluminium K-FACTORY |
Knalpot | Knalpot Full System D-Header K-FACTORY |
Rangka | Down Tube K-FACTORY |
Karburator | Karburator FCR Keihin Φ39 |
Handle |
Handle Rem Billet K-FACTORY Billet Brake Lever Pelindung Handle K-FACTORY Segitiga K-FACTORY |
Suspensi | Shock Depan Upright Ohlins Shock Belakang Single Monoline YSS |
Velg | Depan: Velg Aluminium Forged Gale Speed [TYPE-GP1S] Belakang: Velg Aluminium Forged Gale Speed [TYPE-GP1S] |
Swingarm | Swingarm K-FACTORY |
Rearset | Rearset K-FACTORY |
Bodywork | Tutup Tabung Reservoir K-FACTORY |
Pelindung |
Cover Kopling K-FACTORY Cover Pulse K-FACTORY |
Kelistrikan | Set Meter LED K-FACTORY |
K-Factory
K-Factory merupakan brand yang disukai para pembalap. Pilihan produknya termasuk knalpot seri “D-header” berkualitas tinggi dan diproduksi sendiri. Selain itu, terdapat pula engine slider, cover radiator, preload adjuster dan masih banyak produk kebutuhan balapan lainnya. Part-part billet dan knalpot dari brand ini sangatlah spektakuler.