Detail Update Terbaru Honda CRF300L dan CRF300 Rally 2021
- 03/12/2020
1,589 views
Honda makin tak tergoyahkan di pasar motor trail setelah CRF300L dan CRF300 Rally 2021 dipastikan menerima beberapa pembaruan.
Jika Anda mencari motor yang mumpuni, performa dan tampilan motor trail big-bore yang stabil, CRF300L dan CRF300 Rally adalah motor yang mampu memenuhi kebutuhan Anda.
Berbasis motor trail CRF450 yang beringas, CRF300L dan CRF300 Rally telah mendapat ubahan untuk versi 2021. Kedua motor ini mendapat peningkatan dari sisi kapasitas mesin, perombakan di bagian dalam, perubahan rasio dan pembaruan sasis.
Honda CRF300L dan CRF300 Rally 2021
Mesin
Agar memenuhi regulasi Euro 5 paling baru, CRF300L dan CRF300 Rally kini menggendong mesin 286 cc, lebih tinggi dari mesin sebelumnya 249 cc. Mesin yang semakin besar ini turut menghasilkan power yang lebih tinggi dengan CRF300 L dan CRF300 Rally 2021 mampu menyemburkan tenaga 10% lebih dari sebelumnya, yakni 27 bhp @ 8.500 rpm. Seiring kenaikan kapasitas mesin, sistem intake dan exhaust beserta intake cam timing kedua motor ini juga diperbarui. Perubahan-perubahan ini diklaim dapat meningkatkan tenaga dan torsi putaran menengah dengan rasio lebih pendek dari gigi pertama ke kelima membantu mempertajam peningkatan ini.
CRF300L dan CRF300 Rally sekarang dilengkapi dengan slipper clutch yang dapat mengontrol roda belakang saat downshift yang agresif. Honda menyatakan bahwa handlenya kini lebih ringan 20% dari model sebelumnya.
Sasis
Sasis kedua motor ini juga sudah dibedah habis-habisan dengan rangka baja yang didesain ulang, swingarm aluminium dan segitiga atas-bawah yang berkontribusi dalam pengurangan berat 4 kg dibandingkan dengan model sebelumnya.
Rangka yang lebih kokoh dan suspensi dengan travel lebih panjang sangatlah esensial dalam menunjang adventure riding.
Desain
Tampilan luar CRF300L dan CRF300 Rally juga diubah. Kini, kedua motor tersebut mengusung tangki dan jok yang lebih ramping serta panel meter LCD yang baru. Posisi berkendara juga diganti agar menopang manuver yang lebih ringan yang penting ketika motor beraksi di off-road, walau hal ini juga berguna jika Anda ingin mengendarainya berkeliling kota.
Stang CRF300L dan CRF300 Rally dibuat sedikit lebih mundur, sedangkan footstepnya ditempatkan lebih rendah dan ke belakang agar pergerakan ketika penggantian gigi lebih mudah. Joknya lebih tinggi 5 mm menjadi 880 mm sehingga posisi duduk tegak secara alami. Standar sampingnya juga telah dirancang ulang dengan area 10% lebih besar untuk ruang plat footstepnya yang baru.
Spesifikasi Honda CRF300L and CRF300 Rally
Mesin |
|
Type |
DOHC satu silinder, berpendingin cairan |
Kapasitas Mesin (cm³) |
286cc |
Jumlah katup per silinder |
4 |
Bore x Stroke (mm) |
76mm x 63mm |
Rasio Kompresi |
10.7:1 |
Output Maksimum |
20,1kW/8500rpm |
Torsi Maksimum |
26,6Nm/6750rpm |
Kapasitas Oli |
1.8L |
Sistem Bahan Bakar |
|
Karburasi |
PGM-FI electronic fuel injection |
Kapasitas Tangki |
12,8L |
Konsumsi Bahan Bakar |
32,3km/L |
Sistem Kelistrikan |
|
Battery Capacity |
12V-7AH |
Drivetrain |
|
Tipe Kopling |
Wet multiplate, assist/slipper clutch |
Tipe Transmisi |
6 percepatan |
Final Drive |
Rantai |
Rangka |
|
Tipe |
Steel semi-double cradle |
Sasis |
|
Dimensi (PxLxT) |
2230 x 820 x 1200mm (2230 x 920 x 1415mm Rally) |
Jarak Sumbu Roda |
1455mm |
Sudut Caster |
27.5° |
Trail |
109mm |
Tinggi Jok |
880mm (890mm Rally) |
Jarak Terendah ke Tanah |
285mm (275mm Rally) |
Berat |
142kg (153kg Rally) |
Turning radius |
2,2m |
Suspensi |
|
Shock Depan |
43mm telescopic USD fork |
Shock Belakang |
Prolink |
Roda |
|
Velg Depan |
Jari-jari aluminium |
Velg Belakang |
Jari-jari aluminium |
Ban Depan |
80/100-21M/C 51P |
Ban Belakang |
120/80-18M/C 62P |
Rem |
|
Tipe ABS |
2 channel ABS |
Rem Depan |
Cakram 256mm dengan dua kaliper piston (Rally cakram 296mm) |
Rem Belakang |
Cakram 220 mm dengan satu kaliper pison |
Kelistrikan |
|
Panel Meter |
LCD |
Lampu Depan |
Bohlam (Rally LED) |
Lampu Belakang |
Bohlam |
Honda Kembangkan Motor yang Bisa Baca Pikiran
Sumber [ Visor Down ]