Elegannya Modifikasi CB750 Terinspirasi dari Kereta Vintage

  • 04/12/2020
  •  772 views

Modifikaci CB750 Nighthawk

Fredrik Pål Persson punya tantangan hidup yang cukup berat. Pertama, ia berganti karir dari chef ke builder motor. Lalu, ia harus menyewakan rumahnya demi mempertahankan perusahaannya PAAL Motorcycle.

Baru-baru ini, ia mendapat klien yang punya keinginan lain dari pada yang lain. Sang klien ingin dibuatkan motor Honda cafe racer bergaya ala kereta vintage (semacam kereta di Harry Potter).

Grip Stang CB750 Locomotive

Untungnya, PAAL sedang dalam keadaan baik. Perusahaan asal Swedia ini punya seorang investor, empat karyawan, dan dua workshop; satu custom studio di Malmö dan sebuah garage yang berfokus dalam dunia mesin dan motor Honda lama di Växjö, sekitar dua jam dari tempatnya.

Ini adalah seri ‘PAAL XXX’ atau motor ke-30 yang dihasilkan di Malmö dan awalnya merupakan CB750 tahun buatan 1983 dengan mesin DOHC dan memiliki nama seri ‘Nighthawk‘ di Amerika.

[Baca Juga]
Modifikasi Sportster 1200 yang Minimalis

Tampak Depan CB750 Locomotive

“Proyek ini bermula dari permintaan dari seorang klien asal Norwegia pada akhir 2016”, kata Fredrik. “Beliau ingin kami membuat motor classic, cafe racer vintage yang memperlihatkan warisan budaya balap Inggris seperti dari Norton, BSA, dan Triumph.”

“Tapi motornya harus menggunakan Honda CB750 1980-an, yang nantinya dibekali dengan sparepart modern demi reliabilitas dan riding experience yang juara.”

PAAL CB750 Locomotive

Permintaan sang klien tak berhenti sampai situ. Ia juga ingin PAAL bisa mencerminkan kegemarannya atas kereta-kereta vintage, dengan skema warna hitam dan emas.

Fredrik pun langsung mencari motor basisnya dan menemukan CB750 yang sudah tergeletak begitu saja selama 20 tahun di sebuah peternakan di Norwegia. “Kondisi motornya parah sekali, tetapi tidak apa karena saya hanya akan pakai beberapa komponennya saja,” jelasnya.

Mesin CB750 Locomotive

Setelah proses perancangannya selesai, kru PAAL pun memutuskan untuk membuang hampir seluruh komponen, kecuali rangka yang punya nomor VIN yang penting untuk mendaftarkan motor ke pemerintah nantinya.

Fredrik pun kembali berpetualang untuk mencari mesin baru. “Mesin lamanya sudah coba kami perbaiki, namun dipenuhi karat.” Ia kemudian menemukan CB750 1979 yang punya kondisi lebih baik milik temannya. Fredrik pun membelinya dan mesin DOHC-nya pun dilepas dan dipasangkan ke rangka yang sudah siap.

Karburator Mikuni RS34 CB750 Locomotive

Motor ini sekarang dilengkapi dengan karburator Mikuni RS34 yan memberikan genjotan tenaga yang halus. Untuk knalpot, PAAL membuang header bawaan dan menggantinya dengan set knalpot buatan sendiri yang bergaya vintage.

Dari sisi pengereman, PAAL menggunakan shock depan Öhlins FGRT 205 yang awalnya punya Suzuki GSX-R1000 yang kemudian dirombak sedikit agar masuk ke motor customnya.

Tangki CB750 Locomotive

[Baca Juga]
Jalan-jalan di Bulan Pakai Motor NASA!

Shock depannya pun dipasangkan ke segitiga Cognito Moto yang juga menyediakan set velg jari-jarinya.

Velg ini dibalut dengan ban Shinko 270 Super Classic yang mengombinasikan gaya modern dan ulir ban sawtooth (gerigi gergaji). Swingarm custom dan shockbreaker Öhlins STX tipe Heritage melengkapi sistem pengereman belakang.

Shock Belakang CB750 Locomotive

Duduk manis di atas rangka yang sudah dicat emas adalah tangki aluminium model Manx yang dibuat khusus oleh Richard Phelps dari TAB Classics di Inggris. Jok kulit dan seat cowl aluminiumnya juga baru dan bergaya ala tahun 60-an buatan Johnny Sadelmager yang berbasis di Copenhagen.

“Tangki dan jok memberikan kesan motor yang panjang dan old-school ala kereta-kereta vintage,” kata Fredrik. “Tangkinya memiliki bentuk khas tangki motor Inggris dan dicat dengan warna hitam dan emas yang biasanya dipakai oleh kereta tua.”

Jok CB750 Locomotive

Untuk semakin memperkuat aura vintagenya, PAAL menyematkan speedometer tiga inci English Smith yang tampak seperti meteran kereta uap lama.

“Saya harus akui tidaklah mudah untuk menyatukan seluruh elemen desain yang diminta dan membuatnya bisa padu,” aku Fredrik, “dan juga tetap membuatnya seperti motor buatan PAAL.”

Stang CB750 Locomotive

Namun Fredrik mampu membuktikan kemampuannya. CB750 custom ini punya tampilan klasik khas PAAL, dengan finishing yang cantik dan elegan khas-khas motor custom Swedia.

Walau butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya, hasilnya setimpal.

[Baca Juga]
Jawab Tantangan Rebel 1100, Harley Rilis Harley-Davidson Custom 1250

Tampak Belakang CB750 Locomotive

Sumber [ BIKEEFIX ]

Related post

Hot news

  1. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC
  2. Loris Cresson
  3. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  4. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC

New Products

Return Top