Elegannya Modifikasi CB750 Terinspirasi dari Kereta Vintage
- 04/12/2020
772 views
Fredrik Pål Persson punya tantangan hidup yang cukup berat. Pertama, ia berganti karir dari chef ke builder motor. Lalu, ia harus menyewakan rumahnya demi mempertahankan perusahaannya PAAL Motorcycle.
Baru-baru ini, ia mendapat klien yang punya keinginan lain dari pada yang lain. Sang klien ingin dibuatkan motor Honda cafe racer bergaya ala kereta vintage (semacam kereta di Harry Potter).
Untungnya, PAAL sedang dalam keadaan baik. Perusahaan asal Swedia ini punya seorang investor, empat karyawan, dan dua workshop; satu custom studio di Malmö dan sebuah garage yang berfokus dalam dunia mesin dan motor Honda lama di Växjö, sekitar dua jam dari tempatnya.
Ini adalah seri ‘PAAL XXX’ atau motor ke-30 yang dihasilkan di Malmö dan awalnya merupakan CB750 tahun buatan 1983 dengan mesin DOHC dan memiliki nama seri ‘Nighthawk‘ di Amerika.
Modifikasi Sportster 1200 yang Minimalis
“Proyek ini bermula dari permintaan dari seorang klien asal Norwegia pada akhir 2016”, kata Fredrik. “Beliau ingin kami membuat motor classic, cafe racer vintage yang memperlihatkan warisan budaya balap Inggris seperti dari Norton, BSA, dan Triumph.”
“Tapi motornya harus menggunakan Honda CB750 1980-an, yang nantinya dibekali dengan sparepart modern demi reliabilitas dan riding experience yang juara.”
Permintaan sang klien tak berhenti sampai situ. Ia juga ingin PAAL bisa mencerminkan kegemarannya atas kereta-kereta vintage, dengan skema warna hitam dan emas.
Fredrik pun langsung mencari motor basisnya dan menemukan CB750 yang sudah tergeletak begitu saja selama 20 tahun di sebuah peternakan di Norwegia. “Kondisi motornya parah sekali, tetapi tidak apa karena saya hanya akan pakai beberapa komponennya saja,” jelasnya.
Setelah proses perancangannya selesai, kru PAAL pun memutuskan untuk membuang hampir seluruh komponen, kecuali rangka yang punya nomor VIN yang penting untuk mendaftarkan motor ke pemerintah nantinya.
Fredrik pun kembali berpetualang untuk mencari mesin baru. “Mesin lamanya sudah coba kami perbaiki, namun dipenuhi karat.” Ia kemudian menemukan CB750 1979 yang punya kondisi lebih baik milik temannya. Fredrik pun membelinya dan mesin DOHC-nya pun dilepas dan dipasangkan ke rangka yang sudah siap.
Motor ini sekarang dilengkapi dengan karburator Mikuni RS34 yan memberikan genjotan tenaga yang halus. Untuk knalpot, PAAL membuang header bawaan dan menggantinya dengan set knalpot buatan sendiri yang bergaya vintage.
Dari sisi pengereman, PAAL menggunakan shock depan Öhlins FGRT 205 yang awalnya punya Suzuki GSX-R1000 yang kemudian dirombak sedikit agar masuk ke motor customnya.
Jalan-jalan di Bulan Pakai Motor NASA!
Shock depannya pun dipasangkan ke segitiga Cognito Moto yang juga menyediakan set velg jari-jarinya.
Velg ini dibalut dengan ban Shinko 270 Super Classic yang mengombinasikan gaya modern dan ulir ban sawtooth (gerigi gergaji). Swingarm custom dan shockbreaker Öhlins STX tipe Heritage melengkapi sistem pengereman belakang.
Duduk manis di atas rangka yang sudah dicat emas adalah tangki aluminium model Manx yang dibuat khusus oleh Richard Phelps dari TAB Classics di Inggris. Jok kulit dan seat cowl aluminiumnya juga baru dan bergaya ala tahun 60-an buatan Johnny Sadelmager yang berbasis di Copenhagen.
“Tangki dan jok memberikan kesan motor yang panjang dan old-school ala kereta-kereta vintage,” kata Fredrik. “Tangkinya memiliki bentuk khas tangki motor Inggris dan dicat dengan warna hitam dan emas yang biasanya dipakai oleh kereta tua.”
Untuk semakin memperkuat aura vintagenya, PAAL menyematkan speedometer tiga inci English Smith yang tampak seperti meteran kereta uap lama.
“Saya harus akui tidaklah mudah untuk menyatukan seluruh elemen desain yang diminta dan membuatnya bisa padu,” aku Fredrik, “dan juga tetap membuatnya seperti motor buatan PAAL.”
Namun Fredrik mampu membuktikan kemampuannya. CB750 custom ini punya tampilan klasik khas PAAL, dengan finishing yang cantik dan elegan khas-khas motor custom Swedia.
Walau butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya, hasilnya setimpal.
Sumber [ BIKEEFIX ]
Cara Membedakan Busi NGK Asli dan Palsu
Tersedia Di Sini! 3 Sparepart Modifikasi Kawasaki ZX10R Terbaik 2020