GSX-R750 Racer Lawas by Iida Racing Factory Japan Custom Culture
- 16/08/2022
1,198 views
Japan Custom Culture
GSX-R750 by Iida Racing Factory
Sekitar tahun 1985, ketika mesin motor berpendingin oli baru muncul di Jepang, ada booming motor-motor replika racer, dan Suzuki GSX-R750 adalah pusat dari booming ini. Pemilik motor ini, Pak Hashimoto, berkata bahwa ketika GSX-R750 (J-type) 1988 muncul di pasar motor second, ia langsung membelinya! Ia mengincar motor ini sejak keluar pertama kali tahun 1988, tapi waktu itu SIM motornya disita dan harga motornya pun selangit plus dia masih belum pernah naik motor besar. Jadi, ketika SIMnya sudah dapat dan ia sudah memiliki pengalaman dengan motor besar, barulah ia berburu si biru ini. Ia menyerahkan urusan maintenance ke Iida Racing Factory yang memang spesialis motor-motor racer tua.
Seperti yang bisa dilihat, model aslinya dengan warna racing Suzuki tetap dipertahankan dengan tambahan beberapa part yang penting. Knalpot Cyclone dan rearset menggunakan dari merk Yoshimura. Produk lainnya seperti velg 17 inci (motor ini menggunakan roda belakang GSX-R1100) menggunakan model AMA. Shock depan memiliki modifikasi di bagian per dalamnya, shock belakang memakai Ohlins spek ke GSX-R750RK, dan sistem karburator menggunakan TMR-MJN dan sistem ignition diganti ke direct ignition. Sistem pendingin menggunakan selang custom buatan sendiri. Sub oil cooler dari GSX-R1100 pun juga dipasang ke motor ini.
Bodyworks
GSX-R750 (J) 1988, adalah satu-satunya model dengan stroke pendek dalam seri ini. Body dan rangka, termasuk seat cowl semuanya asli bawaan. Stiker-stiker sponsor dipasang sendiri oleh Pak Hashimoto mengikuti model lama, replika dari motor Daytona 200 milik rider legendaris Kevin Schwantz yang menjuarai AMA Superbike 1988.
Kelistrikan
Panel instrumen terbuat dari Carbon dan memiliki layout yang sama dengan yang asli, tapi ditambahkan dengan digital multimeter Yoshimura di bagian kiri atas untuk tampilan yang lebih terpusat. Stang jepit menggunakan dari Battle Factory. High throttle dan saklarnya diubah sesuai kebutuhan.
Mesin
Mesinnya adalah model 1988 Φ77 x 43.7mm (Φ70 x 48.7mm untuk keluaran tahun lain), dan oil catch tank ditambahkan di bagian kiri belakang cowl. Sub oil cooler diambil dari GSX-R1100 yang berpendingin cairan, dan Pak Hashimoto sukses membuat selangnya sendiri setelah beberapa kali percobaan. Ignition system juga diubah ke ignition langsung.
TMR-MJN diameter 36mm digunakan sebagai ganti BST36 bawaan. Cover funnel dipasang sama seperti DAYTONA 1988.
Sasis
Menurut Pak Hashimoto, sasisnya bawaan J-type dengan shock depan Φ43mm dan velg 17 inch depan belakang, jadi tidak ada masalah dalam pemilihan ban. Shock depan menggunakan per WP dan piringan cakram depan-belakang dari Sunstar.
Shock belakang Ohlins copotan dari GSX-R750RK 1989 yang punya dimensi mirip dengan J-type R750. Rantainya juga diganti ke RK 520X XW.
Roda depan dan belakang aslinya memiliki lebar 3.50/4.5, dan roda belakang diganti ke standar modern lebar 3.50/5.50 dari GSX-R1100 (L~). Bannya menggunakan Michelin POWER CUP ukuran 120/70ZR17 dan 180/55ZR17. Batang torsi juga dibuat lebih pendek.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Knalpot | Knalpot YOSHIMURA Cyclone |
Rem | Cakram Depan Tipe Custom SUNSTAR |
Suspensi | Per WP Shock belakang OHLINS S46HR1C1L |
Rantai | Rantai standar RK Series 520X-XW |
Stang | Stang Jepit Aluminium Welding 50mm BATTLE FACTORY |
Kelistrikan | YOSHIMURA Multi Degital Temp Meter |