Honda CB750 Untuk Berkendara Jarak Jauh Japan Custom Culture
- 17/05/2023
2,962 views

CB750 dari Shop Mellows
Motor CB750 (RC42) ini sebelumnya tidak bisa jalan lurus, tapi Shop Mellows menemukan jalan keluar untuk masalah yang tidak dapat dijelaskan tersebut dan mereka telah melakukan banyak maintenance dan custom untuk setiap konsumen. Mereka membuat motor yang bisa dikendarai di garis lurus, lalu mengganti sparepart habis pakai. Girnya terbuat dari baja agar awet, karena motor ini akan melakukan perjalanan jarak jauh. Rantainya diganti dari 525 menjadi 520. Handle dan footstepnya diganti juga untuk meningkatkan kendali pada motor serta modifikasi pada suspensi dilakukan setelah pemilik terbiasa dengan motornya.
Shock belakang yang dipakai motor ini datang dari brand Ohlins, tetapi hanya model konfigurasi sederhana yang sesuai dengan RC42. Oleh karena itu, Mellows memilih shock depan yang berbeda untuk berbagai macam setelan. Sehingga mereka memilih produk dari MATRIS untuk shock depan dan memasangnya dengan cartridge kit one-off di bagian dalam. Selain itu, stabilizer shock depan dari MATRIS dipasang di motor ini dengan mengacu pada AMA Superbike Championship CBF Racer. Dengan cara ini, Shop Mellows mampu menekan biaya modifikasi karena tidak memiliki sparepart dan menggabungkan setiap produk agar memberikan keselamatan bagi rider dalam perjalanan jarak jauh. Efektivitas tersebut sudah membantu lebih dari cukup.
Stang
Segitiga stang dan alat ukur menggunakan sparepart bawaan motor, tapi speedometernya memakai speedometer PROGRESS dari YOSHIMURA. Motor ini menggunakan stang dari EFFEX yang lebarnya diperkecil. Master rem depan semi-radial dari Brembo (tabung master rem berwarna semi-smoke Brembo) serta handle rem dan kopling tipe dial CNC dari ACCOSSATO.
Di bagian atas shock depan Φ41mm terlihat setelan cartridge kit one-off.
Mesin
Motor ini masih memakai mesin 4 silinder berpendingin udara katup 4 DOHC dengan kapasitas mesin 747cc dan 75hp, serta karburator tekanan negatif dengan TPS dan berpendingin oli inti 6 baris yang semuanya produk bawaan motor.
Sasis
Stabilizer shock depan MATRIS dipasang di bawah segitiga stang. Link yang memanjang dari bawah segitiga stang menahan rod stabilizer yang dipasang ke rangka dan mekanismenya meniru AHM American Honda Racer CBF.
CB750 ini menggunakan shock depan Φ41mm dilengkapi dengan cartridge kit one-off. Rem depannya terdiri dari kaliper rem pitch 65mm Brembo yang dipasang dengan bracket duralumin one-off tebal. Piringan cakram remnya masih menggunakan bawaan motor.
Rem belakang memakai kaliper piston OEM berlapis Kashima untuk meningkatkan performanya. Silencer ZERO MORIWAKI yang terbuat dari titanium dipasang di motor ini.
Swingarm steel pipa persegi dan velg masih memakai sparepart bawaan motor. Shock belakang Ohlins telah dimodifikasi di bagian dalam agar fully adjustable.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Knalpot Full System ZERO SS MORIWAKI |
Rem | Master Rem Silinder Semi Radial BREMBO Handle Rem CNC F016 ACCOSSATO Kaliper Rem P4 34/34 65mm BREMBO |
Velg | Velg OEM RC42 3.50-17/5.00-17 |
Suspensi | Cartridge Kit Shock Depan Matris Shock Belakang LEGEND-TWIN OHLINS |
Rearset | Rearset MORIWAKI |
Drive System | Rantai 520SRX2 EK |
Stang |
Stang EZ-FIT EFFEX Speedometer Multi PRO-GRESS2 YOSHIMURA Handle Kopling CNC H626 ACCOSSATO Set Stabilizer Shock Depan Matris |