HRC Juara Suzuka 8 Hours dan SERT Pertama dari Kelas EWC
- 07/08/2022
1,176 views
Walau ada begitu banyak drama dan kekecewaan di belakang layar, Team HRC #3 memenangkan Coca Cola Suzuka 8 Hours ke-43, ronde ketiga FIM FIM Endurance World Championship, usai tampil dominan sepanjang balapan berkat kerja keras rider Tetsuta Nagashima, Takumi Takahashi dan Iker Lecuona.
Ada banyak drama dan safety car di satu jam terakhir balapan setelah salah satu jagoan musim ini motor YZF-R1 #7 YART – Yamaha Official Team bertabrakan dengan Akeno Speed – Yamaha Superstock #74 di T13 yang membuat rider Marvin Fritz harus menarik motor dari pembatas dan membawanya kembali ke pit.
Masalah pada motor #7 berbuah titel juara dunia bagi pimpinan klasemen Yoshimura SERT Motul #1 yang kali ini tampil dengan dua rider saja, yakni Gregg Black dan Kazuki Watanabe yang mampu mengambil poin sebanyak mungkin untuk mengamankan gelar dan finis di posisi ketiga balapan.
Finis di depan Yoshimura SERT adalah Kawasaki Racing Team Suzuka 8H #10 bermotor ZX-10R yang dibeli Jonathan Rea, Alex Lowes dan Leon Haslam, Rea sempat terlibat insiden di T12 di jam keempat balapan dan hanya kejadian ini saja yang membuat tim was-was.
Setelah harus menerima penalti Stop and Go dengan rider Karel Hanika, YART tetap menjadi runner-up musim ini dan finis ketujuh balapan.
Tim jagoan selanjutnya adalah FCC TSR dengan motor CBR1000RR-R Fireblade #5 yang dipacu bergantian oleh rider Josh Hook dan Mike Di Meglio yang berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-9 usai mengalami masalah pada master cylinder rem.
#88 Honda Asia-Dream Racing with SHOWA dengan rider Zaqhwan Zaidi, Garry Slim dan Helmi Azuman berhasil membawa CBR1000RR-R mereka ke posisi ke-11.
Di posisi ke-15 ada tim permanen Webike SRC Kawasaki France #11 yang menyelesaikan balapan di posisi lebih bawah dari posisi start akibat jatuh di tikungan Degner 2 tak lama setelah balapan dimulai dengan rider Randy de Puniet dan kemudian masuk pit karena ada masalah pada tangki yang membuat mereka menghabiskan waktu lebih lama di pit.
Terakhir dari deretan tim permanen ada BMW MOTORRAD WORLD ENDURANCE TEAM #37 yang mengalami masalah besar di pertengahan balapan ketika motor M1000RR yang dipacu oleh Markus Reiterberger, Illya Mykhalchyk dan Jérémy Guarnoni harus didorong kembali ke pit oleh Mykhalchyk yang kemudian dinyatakan tidak bisa lagi digunakan membalap akibat kerusakan pada radiator.
POSISI AKHIR
Sumber [ FIM EWC ]