Inilah ZX-25R Edisi Spesial Modifikasi Trick Star, Top Speed Sampai 200 km/jam!
- 08/12/2020
2,694 views
Trick Star berupaya memaksimalkan potensi yang ditawarkan oleh putaran tinggi mesin 4 silinder milik Kawasaki Ninja ZX-25R
Trick Star ingin membuat ZX-25R yang mampu menyemburkan tenaga di putaran tinggi ini bisa nyaman untuk dikendarai di jalanan umum.
Ryuji Tsuruta, sang direktur Trick Star mengungkapkan komitmennya yang kuat dalam kata-kata sederhana, yakni “Menghadirkan performa mesin yang nyaman dan cepat.”
“Waktu itu saya diperkenankan mencoba ZX-25R di Aso, Kyushu, Jepang. Daya tarik utama ZX-25R adalah mesin 4 silindernya. Di Jepang, knalpot harus memenuhi regulasi suara yang ditetapkan pemerintah sehingga ada beberapa hal yang harus dikorbankan. Namun, jika kami bisa memutar otak dengan dipersenjatai teknologi canggih yang kami miliki, kami mampu menyulap ZX-25R menjadi motor yang lebih cepat dan nyaman.”
Power-nya diperoleh dengan mengembangkan knalpot spesifikasi balap dan knalpot sertifikasi pemerintah Jepang (JMCA) yang memiliki regulasi tertentu dari sisi volume dan emisinya. Namun, knalpot spek jalanan umum tidak mengurangi performanya.
Prototipe knalpot yang berbeda tebal, panjang dan kapasitasnya dari knalpot bawaan ini diuji coba oleh Yamamoto, rider berhasil menjuarai AARC kelas AP250 pada 2015. Ia berpendapat bahwa power yang disuguhkan knalpot ini benar-benar terasa seperti knalpot racing.
Knalpot spek racing ZX-25R dari Trick Star dijadwalkan akan dirilis akhir tahun ini lalu empat tipe knalpot full system tersertifikasi pemerintah Jepang dengan dua jenis silencer, yakni silencer titanium dan silencer stainless, mulai menerima PO untuk peluncuran Januari 2021 mendatang. Trick Star juga menyediakan sparepart ZX-25R lainnya, seperti pelindung radiator, rearset, lowdown link, lever guard, slider dan lainnya. Cek situs resmi Trick Star untuk detailnya. Atau, bisa juga cek katalog Trick Star di Webike berikut ini.
Beli Sparepart Trick Star di sini
Selain itu, untuk lebih meningkatkan performa ZX-25R, Trick Star juga mengubah part intake-nya dan mengoreksi ECU. Jika digabungkan dengan knalpot Ikazuchi, kombinasinya akan menjadi tak terkalahkan karena mesinnya akan benar-benar berbeda dari standar.
Ada empat tipe knalpot yang bisa dipakai di jalanan umum. Knalpot di foto ini menunjukkan knalpot Ikazuchi burned titanium dan ada juga edisi hitamnya. Selain itu, tersedia juga tipe yang mengombinasikan silencer stainless dengan ujung carbon.
Trick Star melebarkan sayapnya secara global dengan berpartisipasi di kejuaraan balapan ketahanan dunia
Ryuji Tsuruta, sang direktur Trick Star, memulai karir balapannya pada 1985 di tengah-tengah boomingnya racer replica dan berhasil memenangkan All Japan International A F3 Class Champion dengan ZXR400 pada 1990. Pada tahun 1992 dan 1993 ia memacu motornya di kelas GP500 dan kemudian mampu menyabet titel juara di All Japan X Formula Class.
Ia mendirikan Trick Star pada 2001 dan Trick Star Racing pada 2002. Lalu, ia berpartisipasi di balapan ketahanan 8 jam dengan Eva RT Unit 1 Trick Star berkolaborasi dengan Evangelion Racing sejak 2010. Pada tahun 2015, Takehiro Yamamoto dengan Ninja 250 di kelas AP250 pada Asia Road Racing Championship mampu memenangkan kejuaraan ini.
Tahun 2018-2019, Trick Star berkolaborasi dengan Tati Team asal Prancis yang kemudian dilanjutkan dengan SRC Kawasaki France dalam Endurance World Championship (EWC). Ryuji Tsuruta sangat menyukai balapan ketahanan. Selain itu, kenyataannya memang sulit bagi tim privat untuk dapat mendobrak dominasi tim-tim pabrikan di MotoGP dan World Superbike (WSB).
Trick Star bertekad untuk terus ikut serta dalam balapan EWC. Mereka juga terus memproduksi dan menawarkan sparepart aftermarket yang diproduksi dengan teknologi dan pengalaman mereka dalam dunia balap. “Ikazuchi” yang merupakan brand khas knalpot Trick Star ini terinsipirasi dari “Raitei” (atau dalam Bahasa Inggrisnya “Thunderbolt” yang secara harfiah berarti “Petir”) yang merupakan senjata terkuat yang dimiliki oleh Dewa Zeus dalam mitologi Yunani. Dengan desainnya yang berorientasi pada tenaga dan finishing yang cantik, knalpot Trick Star dapat menjadi senjata andalan Anda ketika memodifikasi knalpot motor kesayangan Anda. Knalpot Trick Star didistribusikan secara resmi di Indonesia dan negara-negara Asia dan Eropa lainnya yang memiliki antusiasme tinggi terhadap motor sport. Trick Star siap menjadi petir yang menggelegarkan dunia.
Trick Star Racing berpartisipasi di EWC dengan support dari Webike dan kolaborasi dengan Evangelion Racing. Motor pertama Eva RT Trick Star didisplay di tokonya.
Store Trick Star di Nagoya menyediakan sparepart original seperti knalpot Ikazuchi dan rearset. Selain itu, di sana juga ditampilkan motor hasil modifikasi dan motor balap Trick Star.
Video Top Speed ZX-25R Modifikasi oleh Trick Star
Trick Star berpartisipasi di Max Mone mini yang digelar di Fuji Speedway untuk mendobrak batas top speed hingga 200 km/jam. Hujan ringan sempat membasahi lintasan. Trick Star berhasil mencapai top speed hingga 202 km/jam dengan ban kering. Berikut spesifikasi ZX-25R yang digunakan Trick Star:
Kawasaki Ninja ZX-25R Modifikasi Trick Star
Mesin: Standar
Knalpot: Knalpot Full System Racing Ikazuchi Trick Star
ECU: Rapid Bike Racing TRICKSTAR ver.
Air duct: TRICKSTAR power intake duct
Air funnel: TRICKSTAR original
Filter udara: MWR type R
Filter oli: K & P
Sprocket: ISA
Rantai: DID
Saksikan selengkapnya di video berikut ini.
Cek Sparepart Trick Star untuk Kawasaki ZX-25R di sini
Trick Star Rilis Rearset untuk ZX-25R
Sumber [ Autoby ]