Kawasaki GPZ900 Motor Ultra-Tourer dengan Kapasitas Besar Japan Custom Culture
- 05/05/2023
1,015 views
GPZ900R dari MC GEMMA
Motor ini dimodif agar enak dipakai dalam balapan dan juga nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas touring jarak pendek hingga jauh. GPZ900R ini dibuat untuk berkendara jarak jauh, seperti 1,000 km per hari. Kemampuannya yang tangguh untuk berkendara terus menerus sejauh mungkin dan manuver yang lebih baik dihasilkan dari pengurangan bobot motor yang sesuai. Mesin yang dipakai adalah versi mesin yang disempurnakan dari basis original ZRX1200. Kemudian, mesinnya disulap menjadi 1224cc berdasarkan ZZR1200.
Berbagai sistem ignition/kontrol modern, seperti ignition langsung dan peta 3D juga dicoba. Ini adalah motor ultra tourer yang juga bisa digunakan sebagai referensi untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan “Apa jadinya jika sebuah motor berkapasitas besar menempuh jarak 1.000 km per hari?”. Karakteristik berkendara jarak jauh sekaligus bahkan disetel tinggi. Suspensi pada motor juga dimodif sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan dengan segala macam cuaca dan dapat dikendarai saat hujan.
Stang
Motor ini menggunakan windshield double bubble smoke dari Zero Gravity, alat pengukur ST-3852 dari Stack yang berada di sisi kiri speedometer, ST100 di sisi kanan tachometer mesin, dan indikator operan gigi GIPro di bagian pengukur suhu air. Selain itu, multimeter digital /pengukur suhu Yoshimura juga dipasang. Stangnya dari Gil’s Touring.
Bodywork
Joknya menggunakan jok sport riding SLS MC.Gemma. Tangki bensinnya terbuat dari aluminium untuk memangkas bobotnya.
Mesin
Mesin ZZR1200 dengan piston forged JE Φ81mm dengan kapasitas mesin 1224cc dipasang di motor ini. Engine cover slider, pulsing cover, dan cover gir depan/clutch release diproduksi oleh K-Factory. Down tube/footstep riding juga buatan K-Factory untuk meningkatkan stabilitas sasis.
Intake dan Knalpot
Motor ini menggunakan karburator FCR Φ39mm. Engine slider-nya dari K-Factory juga.
Sasis
GPZ900R ini menggunakan shock depan inverted FGRT dari Ohlins. Spakbor depan carbon dari Active. Kaliper rem depan radial CNC P4 30/34 di motor ini adalah produk dari Brembo. Piringan rem works expanded dari Sunstar.
Rem belakangnya perpaduan dua brand ternama, yakni kaliper rem CNC P2 34 dari Brembo dan piringan rem premium racing dari Sunstar. Knalpotnya menggunakan knalpot full system titanium 4-1 buatan K-Factory.
Shock belakang Bulldocker TAGOS original dari Hyper Pro. Velg depan dan belakang JB3 3.50-17/6.25-17″ produksi MAGTAN. Rantainya adalah 520ZVMX dari D.I.D.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Piston Forged Φ88m JE PISTONS Engine Cover Slider K-FACTORY Pulsing Cover Tipe 2 K-FACTORY Head Bypass Kit Tipe II K-FACTORY |
Karburator / Intake | Karburator FCR JB POWER |
Knalpot | Knalpot Full System (Titanium) K-FACTORY |
Rangka | Subframe K-FACTORY |
Rem | Master Silinder Rem RCS BREMBO Kaliper Rem Radial Racing CNC 4P BREMBO Piringan Cakram Depan WORKS EXPAND SUNSTAR Kaliper Rem CNC P2 34 BREMBO Piringan Cakram Belakang PREMIUM RACING SUNSTAR |
Velg | Velg Forged 3.50-17/6.25-17 JB-POWER MAGTAN |
Suspensi | Shock Depan Inverted FGRT OHLINS Shock Belakang Tagos SP GPZ900R HYPERPRO |
Rearset | Footstep Riding K-FACTORY |
Rantai / Gear |
Cover Sprocket Depan K-FACTORY Rantai 530ZVM-X Black ZVM-X Series DID |
Stang | Stang Jepit GILLES TOOLING Master Kopling Racing BREMBO Speedometer ST-3852 STACK Tachometer Mesin ST-100 STACK Indikator Operan Gigi GiPro Temp/Volt Meter PRO-GRESS1 YOSHIMURA Multimeter Digital YOSHIMURA Spion Replika Racer Tipe 5 Magical Racing |
Jok | Jok Sports Riding SLS MC.GEMMA |
Bodywork |
Windshield [DOUBLE BUBBLE] ZEROGRAVITY Spakbor Depan Smoke Black ACTIVE |