Kecepatan Dahsyat dengan Mesin 1510cc dan Program NOS: ZX-14R Drag Race Custom
- 05/06/2023
1,305 views
ZX-14R dari Red Motor
Motor custom ZX-14R ini berhasil menjuarai 5 balapan berturut-turut di JD-STER Drag Race 2022, sebuah pertandingan drag race khas Jepang yang tidak memiliki regulasi tentang modifikasinya. Terlihat hampir seperti ZX-14R standard, namun kapasitas mesinnya sudah ditingkatkan menjadi 1510cc menggunakan piston JE dan connecting rod Carrillo. Vance & Hines memodifikasi port kepala silinder dan klep besar juga telah digabungkan. Injeksi disesuaikan dengan performa chip yang menghasilkan 230ps pada velg belakang atau 330ps mengandalkan NOS (NITROUS OXIDE SYSTEMS).
Meski begitu, ada risiko cengkraman ban pada jalan hilang saat motor melaju dengan gigi 3 hingga 5, sehingga pemilik berencana mencegah hal tersebut. Karna dirawat dengan baik, motor ini mencatatkan waktu 8,426 detik dalam balapan seperempat mil di babak final. Penyebab motor custom ini mampu melaju begitu cepat karena motornya telah dimodifikasi dengan sangat kreatif. Di belakang knalpot, ditambahkan pemberat agar meningkatkan kemampuan pengendalian motor bagi rider yang beratnya ringan. Drag Race Custom yang luar biasa ini memiliki banyak fitur cerdik yang meningkatkan kecepatan.
Stang
Eksterior, alat pengukur, stang, dan kedua master rem motor masih dipertahankan. Lampu operan gigi ditambahkan ke bagian atas alat pengukur. Saklar NOS dan spion kanan kecil sangat diperlukan dalam balapan.
Intake & Knalpot
Objek persegi yang terlihat di belakang silencer adalah sebuah pemberat. Parts ini membantu mencegah bagian depan naik, meningkatkan traksi belakang, menurunkan pusat gravitasi, dan meningkatkan waktu tempuh. Ini adalah cara yang umum bagi rider dengan bobot yang lebih ringan agar sesuai dengan berat yang diwajibkan.
Rangka
Mesin motor ini berkapasitas 1510cc dengan piston forged Φ86mm oversize 2mm produksi brand JE. Noken as-nya produk bawaan motor dan port kepala silinder telah dimodifikasi oleh Vance & Hines.
Sasis
Shock depan inverted, kaliper piston rem radial 4 mount Nissin dan piringan rem Pail, semuanya merupakan produk bawaan motor yang masih dipertahankan. Belt tie-down Brock’s digunakan untuk menurunkan tinggi motor.
Motor ini menggunakan shock belakang dari Nitron R3 dan knalpot full system stainless steel dari Brock’s Performance. Rem belakang masih menggunakan bawaan motor.
Swingarm motor ZX-14R ini diperpanjang dengan menggunakan kit ROARING TOYZ. NOS serta air-shifter dipasang dan velgnya berukuran 3,50-17 / 6,00-17.
Galeri
Spesifikasi
Part | Details |
---|---|
Mesin | Piston Forged Φ86mm JE |
Knalpot | Knalpot Full System Titanium Series CT Brock’s |
Rangka | Extension Kit Swingarm ROARING TOYZ ZX14R |
Suspensi | Shock Depan Inverted Φ43mm Shock Belakang Monoshock Seri NTR R3 NITRON |
Drive System | Rantai 530DRZ2 EK |
Lainnya | Tie down Kit Shock Depan Brock’s untuk Kaliper Rem Radial Mount |