Modifikasi Kawasaki Lawas Zephyr 750 jadi Injeksi ala Bagus! Japan Custom Culture
- 16/12/2022
1,840 views
Profil
Kawasaki Zephyr 750 warna fireball ini memiliki shock depan dan belakang yang sudah dimodifikasi agar tampilan motornya lebih sporty, serta beragam perubahan di sisi intake. Motor lawas sudah injeksi, lho! Sebenarnya banyak motor karbu yang dimodif ke injeksi agar handling lebih enak dan efisien dari segi pengaturan bahan bakarnya. Sang pemilik motor sengaja mengganti ke injeksi karena ingin menurunkan pekikan suara karburator FCR dan knalpotnya yang sangat menggelegar.
Tapi, tidak ada set produk khusus untuk mengganti motor karbu ke injeksi, jadi si builder harus cari-cari part yang sesuai jadi perakitan motornya tidak sebentar. Throttle body dan injektor diambil dari motor injeksi zaman sekarang. Adaptornya yang dipasang di mesin adalah original buatan Bagus! Motorcycle. Bensin tidak pernah bisa mengalir sendiri, jadi fuel pump wajib dipasang berserta beragam sensor dan setting ECU yang sangat teliti agar jumlah bensin yang disemprotkan ke throttle body akurat sesuai kebutuhan.
Setelah seluruh settingannya rampung, suara knalpot jadi lebih oke dan tentunya suara dari karbu bisa teredam dengan baik dan lebih masuk ke regulasi. Zephyr 750 dari Bagus! Motorcycle ini bisa dipacu dengan gas penuh 1.500rpm tanpa ngadat.
Handle
Shock depan memakai set Ohlins E x M dari Noblest bermodel upside down dengan set segitiga SCLUPTURE. Master remnya adalah Brembo ” rel=”noopener” target=”_blank”>Brembo RCS dan dudukan handle kopling KOHKEN. Ada monitor sensor tambahan di bagian kiri speedometer, dekat lampu indikator settingan injeksinya.
Bodywork
Warna tangki dan cover samping fireball adalah murni bawaan motor. Kondisinya sangat mulus dan bersih walau umurnya sudah puluhan tahun.
Joknya adalah item rekomendasi Bagus! dengan model khusus agar riding bisa lebih nyaman. Bahannya adalah kulit Alcantara. Tail cowlnya dari Power Builder.
ECU MoTec M84 yang mengontrol sistem injeksinya beserta perlengkapan ECU lainnya ditaruh di bawah jok.
Mesin
Sinyal dari tiap sensor dikalkulasi jumlahnya untuk mengontrol ignition dan jumlah bahan bakar. Foto menunjukkan posisi sensor noken as. Sensor lainnya, seperti suhu oli, tekanan atmosfer, tekanan intake, dan sensor kruk as juga terpasang.
Mesinnya tetap sama 738cc, tapi sudah dibongkar dan kemungkinan akan dibubut agar naik hingga 850cc. Mesinnya juga dilengkapi dengan cover pulsar Wheelie, guard slider STRIKER, dan part lainnya. Fuel pump dipasang di bawah throttle body.
Intake & Exhaust
Sistem intakenya diubah dari karbu FCR 35mm ke injeksi. Throttle body memakai punya Z1000 38mm dengan adaptor custom khusus.
Sasis
Rearset Special dari STRIKER dengan settingan mundur / naik 25mm.
Rem depan memakai kaliper Brembo 484 dengan kombinasi cakram racing Sunstar. Spakbor depan carbon fiber sudah termasuk dari set shock ExM.
Kaliper belakang P2 34 Brembo dengan bracket KEINZ dan cakram Sunstar. Knalpotnya adalah tipe titanium dari Bagus!.
Wheelie membuat swingarm triple square cross dari aluminium dengan coating RX black. Shock belakangnya dari Ohlins. Velg pakai Marchesini M10S ukuran 3.50-17 dan 5.50-1. Banyak baut-bautnya yang sudah diganti ke baut titanium dari Titanium 64.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Mesin |
Guard Slider STRIKER Pulsar Cover Zephyr750 Wheelie |
Intake | Fuel Injection Z1000 ECU MoTec M84 |
Frame | Swingarm Zephyr750 Wheelie |
Rem | Master Rem Radial RCS Brembo Kaliper .484 P4 32 CNC Brembo Set Cakram Depan Belakang Racing Premium SUNSTAR Kaliper Belakang P2 34 Brembo Bracket Kaliper Belakang KEINZ untuk Brembo |
Velg | MARCHESINI M10S Racing Evo |
Suspensi | Set Ohlins NEW Foldable “E x M” Noblest Shock Belakang Legend-Twin Ohlins |
Rearset | Rearset Kit STRIKER |
Stang | Set Segitiga SCULPUTRE Dudukan Handle Kopling KOHKEN |
Jok | Jok original Bagus! Motorcycle |
Bodywork |
Tail Cowl POWER BUILDER Integrated Fender Eliminator Kit Black Bagus! Motorcycle |
Modifikasi Yamaha XJR1300 Japan Custom Culture
Wojcik Racing Team Lanjut Pakai Nomor 77 dan 777 untuk EWC 2023