Modifikasi Ninja H2 Body Full Carbon A-TECH dan Disc Racing ADVANTAGE
- 20/03/2024
797 views

Ninja H2 pertama kali meluncur di pasaran tahun 2015 dan menjadi model supercharged street terbesar Kawasaki yang mampu mengeluarkan power hingga 170kW atau 231 horsepower.
Si H2 yang satu ini dibalut dalam body carbon. ADVANTAGE menyediakan velg forging magnesium EXACT dan disc cakram racing DIRECT DRIVE.
Mr. Nakanishi, perwakilan dari ADVANTAGE, berkata, “Dua part ini sangat kami rekomendasikan. Disc cakram racing DIRECT DRIVE ini yang dipakai di ajang Moto2 dan Moto3 yang terbuat dari bahan yang tahan panas tinggi dan memiliki mekanisme pelepasan panas yang bagus. Dengan begitu, sistem pengereman bisa dipastikan dalam keadaan baik. Di tahun-tahun sebelumnya kami memisahkan yang spek racing dan street karena kalau untuk street atau penggunaan non-racing harus lebih tahan karat. Namun, kalau ada karat sedikit bisa dihilangkan begitu komponen remnya bekerja. Jadinya, sekarang kami tidak membedakan pemakaian yang racing dan non-racing.”
Soal mesinnya, performa discnya bisa dimaksimalkan dengan penggunaan kaliper BREMBO. Bagaimana dengan velg EXACTnya? Kami menanyakan soal hubungan velg dengan ukuran bannya. “Ukuran ban Bridgestone RS11 200/55 khusus untuk velg lebar 6.25, jadi kami buat satu set velg ukuran 6.25-17. Pas sekali ketika dipasang. Selain itu, Ninja H2 memiliki swingarm cantilever (dengan satu sambungan), tapi kami dapat feedback dari rider-rider pro bahwa swingarm ini sama bagusnya dengan yang tipe dua sambungan. Jadi, kami sarankan kombinasi ini.” ADVANTAGE terus mengembangkan produk ini, mulai dari aspek bahan hingga proses produksinya.
Sasis
Disc cakram depan diameter 330mm adalah seri ADVANTAGE DIRECT DRIVE Racing Discs yang disambungkan dan disokong tonjolan kotak yang ada di permukaannya dan di sisi bergelombang bagian dalam.
Kaliper depannya memakai BREMBO 484 yang dipasangkan dengan duct kaliper depan OVER. Shock depannya memakai OHLINS FGRT221 (FGR/TNIX).
Velg depan dan belakangnya memiliki spek 10 palang dengan ukuran 3.50-17/6.25-17. Swingarm cantilevernya sesuai dengan ukuran velg yang dibalut ban Bridgestone RS11. Disc cakram DIRECT DRIVE belakangnya dipasang bersama kaliper CNC 2P dari BREMBO.
Komponen body yang terdiri atas spakbor, upper cowl, cowl samping, cover tangki, hingga single seat semuanya diganti ke A-TECH dengan tipe motif carbon Black Diamond. Shockbreaker kini memakai OHLINS KA464 TTXGP2018 dan knalpotnya diupgrade ke tipe Megaphone 4-1 dari bahan Titanium. Terakhir, footstep racing OVER yang dipakai memiliki empat pilihan setelan posisi.