Modifikasi SR400 Cafe Racer Mahakarya Terbaru Japan Custom Culture
- 07/11/2023
750 views

SR400 Custom by Candy Motorcycle Laboratory
Candy Motorcycle Laboratory merupakan bengkel builder yang digandrungi para rider seri SR Yamaha karena ide-ide kreatif dan selera yang kuat dalam memodifikasi. SR400 hasil modifikasinya hadir sebagai motor yang benar-benar baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Motor ini diberi nama “The Absolute”. SR400 ini telah dimodifikasi secara drastis sehingga sulit dipercaya bahwa basis motor ini adalah SR400 saat Anda pertama kali melihatnya, kecuali Anda memperhatikan mesinnya.
Rangkanya didesain ulang sepenuhnya dari bagian railing jok dan seterusnya. Lalu, dipasangkan juga mono shock. Sasis depan dan belakang diadaptasi dari model Ducati terbaru. Swingarm cantilever diadopsi untuk bagian belakang sehingga menghasilkan desain dan siluet baru yang belum pernah terlihat pada gaya café racer. Selain itu, komponen-komponen penting seperti jok ramping yang terintegrasi ke dalam rangka, knalpot khas dengan bentuknya yang unik dan tangki bahan bakar OEM dari BMW R100RS, semuanya berpadu dengan mulus.
Tentu saja, tidak luput penggunaan part-part penunjang performa berkendara. Mesinnya disetel sepenuhnya dengan kruk as bawaan SR500, piston diameter 90 asli Candy Motorcycle Laboratory dan noken as ST-1 serta kapasitasnya telah ditingkatkan hingga 534cc. Karburator telah diganti dengan karburator FCR 41 dan suspensinya telah diatur sedemikian rupa sehingga sangatlah nyaman. Mesinnya juga menunjukkan performa yang luar biasa. Sesuai dengan namanya “Absolute”, motor ini bahkan tidak dapat dibandingkan dengan SR custom biasa dan bisa disebut sebagai sebuah mahakarya yang memancarkan kehadiran yang luar biasa.
Stang
Shock depannya pakai punya Ducati 1098. Segitiga atas mekanisnya dilengkapi speedometer Motogadget yang tertanam di dalamnya sebagai aksen.
Kelistrikan
Lampu depan didasarkan pada tipe Bates 5,75 inci, tetapi bagian yang bercahaya telah diubah ke spesifikasi proyektor. Dipadukan dengan stang jepit yang dipasang rendah, menciptakan area depan yang gagah.
Bodywork
Tangki bahan bakar BMW R100RS dimodifikasi dan dipasang agar sesuai dengan bodi SR. Siluetnya yang tebal menguatkan kehadiran mesin.
Cover mesin dicat dengan cat model kerut yang memberikan kesan body yang kencang sekaligus mewah.
Intake & Exhaust
Knalpot yang berbentuk unik ini hanya diproduksi satu kali. Silencer ditempatkan di bawah sasis untuk menghasilkan suara yang adem.
Sasis
Rem depan dimodifikasi ke spesifikasi cakram tunggal dengan kaliper radial Brembo dan piringan cakram diameter 320.
Rangka belakang juga dimodifikasi dengan berani. Lampu belakang LED yang disematkan di ujung lingkaran rangka memberikan tampilan futuristik.
Swingarm cantilever adalah OEM dari Ducati Hypermotard. Kombinasi dengan velg juga sangat indah!
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Filter Udara Noken As ST-1 YOSHIMURA Piston Candy Mototcycle Laboratory 90Φ Kruk As SR500 |
Karburator/Intake | Karburator FCR 41 |
Knalpot | Pipa Knalpot Stainless Silencer Knalpot Stainless |
Rem | Kaliper Rem Depan Radial Brembo Piringan Cakram Rem Depan 320Φ Brembo Selang Rem Depan SWAGE-LINE Master Silinder Radial Brembo Kaliper Rem Belakang Brembo Master Silinder Belakang Brembo |
Velg | Velg Depan Jari-jari BORRANI Velg Belakang Jari-jari BORRANI |
Suspensi | OEM Ducati 1098 Mono shock OHLINS |
Rearset | Rearset BORE-ACE |
Stang | Stang Jepit Tommaselli Segitiga Atas Spion Mini |
Jok | Jok Suede |
Bodywork | Tangki Modifikasi BMW R100RS Cover Mesin Cat Wrinkle Oil Pump Heavy Duty |
Kelistrikan | Lampu Depan Bates 5.75 Lampu Belakang LED Lampu Sein Motogadget Kotak Aki Aluminium Moto Scope Mini Motogadget |