Modifikasi Suzuki GSX-R1000 Jadi Lebih Ringan Japan Custom Culture
- 08/06/2023
1,670 views
GSX-R1000 karya Quarter
Suzuki GSX-R1000 (L8) ini dibawa ke bengkel Quarter untuk membuat knalpot slip-on titanium dan pemasangan sub-controller Bazzaz. Namun, selama proses produksi silencer, pemilik motor meminta knalpot full system titanium yang dibuat khusus. Modifikasi motor berfokus pada peningkatan kualitas dari setiap sparepart seperti pemasangan master silinder depan machined Brembo yang juga dipesan di waktu yang sama.
Knalpot one-off ini dirakit dengan memotong satu lingkaran pipa dan mengelas 70 piecesnya menjadi satu. Pengerjaannya berfokus pada sudut dan lubang, serta jarak di dalam cowl. Knalpot yang sudah jadi memiliki berat sekitar 3,7 kg, 30% lebih ringan dari knalpot standar. Selang rem, bracket knalpot, baut titanium, dan washer juga dirawat selama produksi sparepart one-off. Setelah knalpotnya selesai, heat color-nya dicek, diuji dan disesuaikan melalui test ride. Dengan memasang sparepart carbon, velg ringan, dan shock depan inverted, bobotnya menjadi 181,08 kg, berkurang sebesar 14,18 kg dibandingkan motor standar. Motor custom ini mewujudkan keyakinan bahwa “ringan itu baik” dan performanya sangat dinantikan.
Bodywork
Eksteriornya terlihat seperti motor standard pabrikan, tapi sebenarnya body motor ini berwarna hitam dengan cover samping, spakbor depan, dan cowl bawah berpola carbon. Selain itu, motor ini dipasang windshield versi trim carbon dari Magical Racing dan spionnya tipe monocoque carbon juga dari Magical Racing, A4/twill weave.
Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, jok motor ini juga diganti dengan jok custom dari Style Seat Custom, sebuah perusahaan yang banyak melakukan modifikasi di Quarter. Sisi sampingnya memiliki pola carbon.
Stang
Master silinder kanan dan kiri diganti dengan pompa radial CNC Brembo. Selain itu, handlenya menggunakan handle tipe berlubang dapat ditekuk flight perch dari ZETA.
Intake & Knalpot
Pembuatan knalpot titanium Quarter one-off memerlukan pemotongan bagian-bagian tertentu dalam bentuk melingkar (bukan pipa, tetapi plat datar), membuatnya lebih ringan, membentuknya menjadi pipa, dan menyatukannya untuk menjadi knalpot. Proses ini memerlukan banyak waktu dan tenaga.
Setelah dipasang, jika knalpotnya dilihat dari sisi kanan undercowl, yang nampak hanya seperti gambar di atas. Namun, bobotnya berkurang dan desainnya berubah, termasuk silencer yang terlihat jelas.
Sub-controller buzzard Z-AFM digunakan untuk knalpot baru ini dan titik pemasangannya sudah dibuat.
Sasis
Rantainya buatan DID dengan ukuran 520 dan rearsetnya dari Babyface.
Velg depan dan belakang menggunakan velg forged magnesium alloy MAGTAN JB3 dengan ukuran 3.50-17/6.00-17. As roda juga telah diubah menjadi chromoly untuk performa yang lebih baik di jalan.
Shock depan dan belakangnya (TTX di belakang) menggunakan produk Ohlins + penyetelan Scuderia Okamura ME. Baut collar 64 titanium sering digunakan untuk rem dan bagian linkage.
Kaliper rem belakang radial ini produk dari GALE SPEED. Desain yang ringan dapat terlihat jelas dari setiap bagiannya secara keseluruhan.