Modifikasi VMAX Fairing Original Tampil Beda Japan Custom Culture

  • 24/05/2023
  •  1,244 views

Modifikasi Yamaha VMax

VMAX Custom oleh Esper

Modifikasi Yamaha VMax

VMAX ini dimodif oleh Custom Shop Esper atas permintaan sang owner yang menginginkan pemasangan fairing dan tail yang super pendek dan modern.

Aslinya, VMAX tidak dipasangkan fairing sehingga Esper selaku builder melakukan modifikasi menggunakan bracket. Seperti yang terlihat di foto, fairingnya ini tipe half fairing yang bervolume. Namun, setelah dipasang dan dicoba berkendara pada kecepatan tinggi, ada masalah getaran dan goyangan hebat. Akhirnya, sang builder mampu menyeimbangkan bracket dan membuat beberapa setelan hingga mencapai hasil akhir ini. Pekerjaan menakjubkan Esper ini membuat motor memiliki sudut stang ideal dan ketahanan terhadap angin yang sungguh mumpuni.

Yamaha VMAX Custom

Bagian tail memakai part bawaan Ducati Monster yang dipasang dengan memotong bagian jok. Esper juga memproduksi silencer titanium dan memilih ban belakang lebih lebar ke ukuran 240 mm. Walau masih mempertahankan mesin dalam kondisi bawaan, Esper fokus modifikasi di bagian bodywork dan knalpot. Kini sang owner VMAX ini bisa membawa banyak barang di ruang antara bracket-bracket kokohnya.

Bodywork

Cowl VMAX

Fairingnya terbuat dari FRP dan bracket original Esper merupakan buatan mereka sendiri dengan dudukan baja. Dengan mengencangkan kedua sisi kanan dan kiri hanger mesin ke rangka dan mesin, keseimbangan dapat tercipta sekaligus mencegah getaran. Selain itu, tercapai pula sudut kemiringan maksimum saat berbelok.

Lampu Depan VMAX

Jarak dibuat dengan memasang fairing di antara speedometer dan lampu depan. Jarak ini dapat berfungsi pula sebagai penyimpanan tanpa menghalangi atau bersinggungan dengan bagian lainnya.

Tail Cowl VMAX

Di bagian belakang, dudukan jok telah dipotong dan tail cowl Ducati pun dipasang. Ketika dibuka, terlihat ada bukaan pengisian bahan bakar.

Stang

Stang VMAX

Speedometer dan lainnya masih bawaan. Grip stang karet bergaya vintage dipasang untuk menyesuaikan dengan preferensi pribadi owner. Spionnya ditempatkan di bracket fairing.

Mesin

Mesin VMAX

Mesin 1670cc V4 berpendingin cairan dengan sudut kemiringan 65 derajat juga merupakan bawaan. Setelan bahan bakarnya diatur menggunakan Power Commander V karena ubahan di knalpot dan adanya quick shifter. Selain itu, cover koplingnya juga dibuat model transparan sehingga menjadi fitur unik lainnya di bagian mesin.

Rearset VMAX

Rangka aluminium tipe diamond dan rearsetnya juga bawaan. Di atas dan bawah engine mounting yang menahan mesin di antara V-bank ini Anda dapat melihat dudukan bracket fairingnya dibuat sedemikian rupa sehingga terasa natural.

VMAX Mesin Custom

Esper identik dengan turbocharge, jadi ketika orang dengar Esper menggarap VMAX, pasti mereka berpikiran ini turbocharge, baik 1200 cc maupun 1700 cc. Padahal, custom ini dilakukan dengan mesin bawaan.

Knalpot

Knalpot VMAX Custom

Knalpotnya ialah tipe 4-1 berbahan titanium dengan silencer tunggal di sisi kanan.

Sasis

Kaliper Depan VMAX

As shock depan diameter 52 mm, velg depan ukuran 3.50-18 dan kaliper rem 6 piston semuanya bawaan.

Velg Belakang VMAX

Velg belakangnya merupakan tipe lebar spek US dengan ukuran 8.00-18 inci. Bannya juga telah diganti dengan ukuran lebih lebar 240/40. Swingarmnya bawaan.

Galeri

Spesifikasi

Part Detail
Knalpot Knalpot Titanium One-off ESPER
Velg Velg Belakang Lebar 8.00-18 US YAMAHA
Stang Jalu Stang Besar Vivid POSH FAITH
Grip Karet KIJIMA
Bodywork Dudukan Cowl Baja Original ESPER
Kelistrikan Dynojet POWER COMMANDER V [1020-2889]
Quick Shifter Module Dynojet

Related post

Hot news

  1. Loris Cresson
  2. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  3. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC
  4. Romero Kembali Beraksi di EWC

New Products

Return Top