Modifikasi VMAX Torsi Mantap Japan Custom Culture
- 06/05/2023
1,044 views
Modifikasi VMAX oleh Esper
VMAX 1200 ini dimodifikasi oleh Esper atas permintaan customernya yang ingin dibuat terkesan dengan konsep motor yang belum ada sebelumnya di dunia menggunakan mesin Yamaha Royalstar.
VMAX ini terinspirasi dari Venture Royal yang merupakan pendahulu XVZ13 Royalstar. Mesin yang digunakan di custom ini diambil dari XVZ13 dan proses modifikasinya cukup menantang agar mesin ini mampu pas dengan rangkanya.
Selain itu, karburator bawaan tidak cocok dengan mesin XVZ13 sehingga sang builder memasangkan intake manifold ke karburator twin FCR untuk mengatasinya. Kapasitas tambahan 100cc memungkinkan peningkatan torsi secara signifikan sehingga menghasilkan pengalaman berkendara unik yang berbeda dari modifikasi lainnya. VMAX memiliki tampilan yang khas dengan mesin berpendingin udara tipe fin klasik sehingga membuatnya menjadi masterpiece yang sempurna.
Area Kemudi
Windshield GIVI ditambahkan agar berkendara lebih nyaman. Master rem depannya merupakan radial pump Brembo.
Speedometer monocular di bagian tengah dan layout tachometer serta indikator di cover tangki merupakan part bawaan VMAX 1200.
Bodywork
Body luarnya memakai body VMAX 1200 2005 spek Amerika Utara warna merah dengan pola api tersembunyi dan emblem VMAX 20th anniversay yang terlihat di cover tangkinya.
Jok depan belakangnya merupakan tipe terpisah, dilengkapi dengan behel motor aluminium, air duct dummy di bagian depan dan cover samping semua memakai part bawaan VMAX 1200.
Mesin
Mesinnya memakai mesin V4 berpendingin udara 1294cc milik Royalstar, naik sekitar 100cc dari milik VMAX yang berkapasitas 1199cc. Beberapa bagian pelengkapnya kemudian didesain ulang agar tidak bersinggungan dengan rangka dan bagian lainnya.
Intake & Exhaust
Jika cover tangki dummy-nya dilepas, akan terlihat karburator FCR twin downdraft dan tabung reservoir radiator. Manifold juga diperlukan untuk melengkapinya.
Sasis
Shock depan berdiameter 43mm ini menggunakan part bawaan VMAX. Kaliper depannya memakai kaliper 4 piston Brembo dan cakramnya merupakan tipe wave.
Knalpot empat pipanya asli produksi Esper dan sesuai dengan karakter suara dan torsi mesin V4 Royalstar. Kaliper rem belakangnya menggunakan kaliper 4 piston Brembo.
Suspensi, velg depan belakang 2.15-18 dan 3.50-15-inch, shaft drive dan swingarmnya semua berbasis VMAX 1200 tahun lama. Shock belakangnya datang dari Ohlins.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Karburator/Intake | Karburator FCR Φ41mm KEIHIN Intake Manifold (One-off) ESPER |
Knalpot | Knalpot Quad Original (One-off) ESPER |
Rem | Kaliper 4P Brembo (tipe sama seperti depan, belakang) Cakram Wave STX21D BRAKING Master Rem Radial Brembo Cakram Belakang OEM Yamaha |
Suspensi | Shock Belakang OHLINS |
Footstep | Footstep VMAX1200 1985-2004 LSL |
Bodywork | Windshield A123 GIVI |