Modifikasi Z900RS Retro Japan Custom Culture
- 02/02/2023
1,002 views
Japan Custom Culture
Z900RS Custom Retro
Modifikasi Z900RS ini mengombinasikan gaya dan performa. Intinya ialah menciptakan Z900RS bergaya retro yang mirip dengan seri Z keluaran tahun 1970-an. Velgnya diganti dari ukuran bawaan 17 inci ke 18 inci. Knalpotnya juga telah diubah ke spek quad tail. Rangka bawaan Z900RS tidak memiliki down tube karena dibentuk seperti rangka diamond. Maka dari itu, ditambahkan pula pelindung mesin yang menyerupai bentuk down tube.
Ubahan-ubahan ini tidak hanya memberikan tampilan seri Z berpendingin udara, namun juga mengedepankan performa berkendara. Shock depan dan belakangnya memakai shock Ohlins yang sudah memiliki reputasi sangat baik di dunia balap dan modif. Selain itu, auto shifter dan chip performance Rapid Bike juga dipasang. Chip performance berfungsi menyediakan handling mudah pada rentang kecepatan rendah hingga sedang. Auto shifter juga efektif untuk pergantian gigi cepat saat sport riding dan mengurangi kelelahan akibat penekanan handle kopling saat berganti gigi selama touring jarak jauh.
Intake & Exhaust
Dibandingkan bawaan, Z900RS custom ini memberikan kesan yang lebih bongsor di bagian belakang.
Tampilan retro Z900RS dan knalpot 4 pipa ini membuat gaya motor ini begitu berbeda. Knalpotnya dibuat oleh Doremi Collection dan desain serta ukurannya yang besar menjadi daya tarik tersendiri.
Bodywork
Pelindung mesin model down tube-nya sungguh unik untuk menunjang gaya retro Z900RS. Point cover berdesain “DOHC” juga dipasang.
Rearsetnya juga dari Doremi Collection. Footstepnya dilengkapi dengan pijakan karet sehingga kesan retro semakin kuat. Karetnya juga bisa dilepas.
Stang
Klem dan bracket stang datang dari brand K-Factory dan sesuai dengan shock depan upright.
Rangka
Swingarm K-Factory ini berupa tipe triple square dan memiliki bobot keseimbangan yang baik. Dudukannya dibuat dari aluminium.
Sasis
Velg 18 inci membuatnya sedikit lebih tinggi dari bawaan. Selain itu, penambahan shock depan upright dan knalpot 4 pipa semakin memperkuat kesan vintage-nya.
Walaupun shock depan upside down telah diganti dengan shock depan upright, shock depan Ohlins model terbaru yang dipasangkan ini memungkinkan berkendara yang stabil.
Shock belakangnya juga diganti ke Ohlins. Penggunaan Ohlins untuk shock depan dan belakangnya sudah pasti menghadirkan performa berkendara tingkat tinggi.
Link plate-nya telah diganti ke K-Factory yang terbuat dari duralumin agar lebih kokoh. Link ratio sama seperti bawaan.
Kaliper AP Racing digunakan untuk rem depannya. Karena penggantian shock depan, kaliper diubah dari radial mount bawaan ke side mount.
Velg 18 incinya memakai velg Morris Mag Doremi Collection. Desainnya mirip dengan velg yang digunakan di Kawasaki seri Z berpendingin udara, menciptakan nuansa retro.
Galeri
Spesifikasi
Part | Detail |
---|---|
Mesin |
Set Hanger Mesin Depan K-FACTORY Set Hanger Mesin Belakang K-FACTORY Pelindung Mesin DOREMI COLLECTION Point Cover Set DOREMI COLLECTION |
Knalpot | Knalpot Street4 Quadruple DOREMI COLLECTION |
Rangka | Swingarm K-FACTORY |
Rem | Kaliper 4P AP Racing |
Velg | Velg Morris Mag DOREMI COLLECTION |
Suspensi | Shock Belakang OHLINS |
Footstep | Footstep Riding DOREMI COLLECTION |
Gir | Cover Gir Depan DOREMI COLLECTION |
Stang |
Segitiga K-FACTORY untuk Shock Depan Upside Down Spion DOREMI COLLECTION Klem Stang K-FACTORY |
Bodywork | Spakbor Depan Magical Racing |
Kelistrikan | RAPiD BIKE-EASY Kit |