Modifikasi ZX-25R oleh Striker Japan Custom Culture
- 12/12/2022
1,325 views
Japan Custom Culture
ZX-25R Custom oleh Striker
ZX-25R bermesin 250 cc 4 silinder yang populer ini dimodifikasi oleh Striker dengan penggantian knalpot yang mantap. Suara knalpot Striker yang jernih meningkatkan karakteristik mesin 4 silinder yang sungguh unik. Sebelumnya, banyak produsen knalpot yang fokus pada output tenaga, namun sekarang ini, dengan sejumah regulasi yang lebih ketat, tujuan utama modifikasi knalpot ialah untuk menikmati suaranya dengan kualitas lebih baik. Selain itu, bahan yang digunakan juga penting dalam hal penampilan dan pengurangan bobot. Aspek-aspek seperti itulah yang memberikan keunikan tersendiri bagi motor.
Knalpot full systemnya memakai knalpot full system SC Off-type B Striker. Pipa knalpotnya dirangkai dalam susunan 4-2-1 sama seperti bawaan ZX-25R, namun dengan penambahan pipa bypass agar torsi lebih meningkat dibanding bawaan. Perubahannya benar-benar terasa di rentang penggunaan sehari-hari dan torsi dari awal gas digeber juga lebih meningkat. Tentu saja, torsinya juga bagus di rpm tinggi dan motor mampu melaju lebih cepat. Soal berat, silencernya sendiri berhasil memangkas bobot motor 250 cc ini sebanyak 5,3 kg.
Silencer titanium kualitas tinggi membuat gaya dan penampilan ZX-25R ini lebih keren. Hanya tersedia bahan titanium untuk silencernya demi memenuhi kebutuhan para pemilik ZX-25R dan semakin mengukuhkan posisi ZX-25R sebagai motor supersport 4 silinder satu-satunya di kelasnya. Pemilihan bahan dan teknik produksinya cocok untuk motor berkualitas tinggi ini. ZX-25R hasil modifikasi Striker ini juga menggunakan rearset spesial mereka yang membantu rider lebih nyaman saat riding. Selain itu, terdapat pula cover radiator dan slider yang melindungi motor. Modifikasi ini cocok untuk semua tipe rider, baik pemula maupun berpengalaman.
Intake & Knalpot
Pipa header dengan layout 4-2-1 ini bergaya serupa dengan bawaan ZX-25R. Menurut Striker selaku produsennya, proses pengembangan bentuk bagian 4-2/2-1 yang memberi dampak pada karakteristik RPM rendah dan sedang ini banyak melalui trial & error. Pipa knalpotnya juga terbuat dari titanium dan seperti yang bisa Anda lihat dari cowlnya, #1-2 dan #3-4 disambungkan oleh pipa bypass.
Knalpot full system SC Striker ini memiliki model standar bersertifikasi JMCA atau pemerintah Jepang. Pemasangannya PNP yang tentu saja sangatlah mudah dikerjakan.
Semua bagian knalpot kecuali tutup ujung knalpotnya ialah berbahan titanium. Silencernya tersedia dalam tiga tipe finishing: Titanium Heat (seperti yang terlihat di foto), Titanium Solid dan CK Black (matte black dengan Cerakote). Berat knalpot Striker hanya 3,5 kg, jauh lebih ringan knalpot bawaan yang berbobot 8,8 kg.
Sasis
Posisi reatsetnya dapat diatur hingga 6 posisi seperti yang terdapat pada Ninja ZX-25R SE dan cocok dengan quick shifter bawaan motor. Setelan posisi di foto ialah 30mm lebih naik dan 30mm lebih mundur yang cocok untuk sport riding.
Terbuat dari duralumin dengan finishing black hard-anodized dan sesuai untuk pergantian reverse opsional.
Mesin
Slider yang dipasang di kedua sisi motor berfungsi sebagai pelindung ketika motor terjatuh. Dudukannya berbahan duralumin dan bodynya terbuat dari Duracon. Foto menunjukkan versi standar yang tersedia dalam beberapa warna.
Galeri
Spesifikasi
Tentang Striker
Striker merupakan brand asal Jepang yang memproduksi knalpot dan rearset motor berbasis pada teknologi balapan. Produk Striker diproduksi oleh para builder profesional sehingga menghasilkan sparepart performance kualitas tinggi untuk motor Kawasaki dan Honda.
Sumber [Heritage & Legends]
FIM Memulai Fase Kedua Homologasi Helm Jelang EWC Musim 2023
Kesuksesan Reiterberger dengan BMW Motorrad Motorsport di Superbike Jerman