Monkey 125 Custom, Projek Kolaborasi Young Machine dan Yoshimura; Tahap 7 – Coating

  • 31/05/2019
  •  457 views

Dalam rangka memperingati Machine of the Year (MOTY) yang ke-46 pada akhir tahun 2018 lalu, Young Machine berkolaborasi dengan Yoshimura menciptakan Special Monkey 125. Motor tersebut dipamerkan di booth Yoshimura di ajang Tokyo Motorcycle Show 2019 yang berlangsung pada 22 hingga 24 Maret 2019. Di acara tersebut, satu orang yang beruntung berhak membawa pulang motor rakitan Young Machine dan Yoshimura tersebut. Di artikel kali ini, kami akan membahas tahap ketujuh proses pembuatan Special Monkey, yakni proses coating yang berfungsi melindungi motor dari debu dan kerusakan. Proses glass coating ini dilakukan oleh CR-1.

Efek permanen karena material yang super stabil!

Proses pembuatan Special Monkey yang merupakan motor custom projek kolaborasi Yoshimura dan Young Machine kini hampir selesai. Tahap akhir ini dimaksudkan untuk menjaga kilau motor custom ini secara permanen.

Salah satu caranya yakni dengan melapisi seluruh permukaan motor atau melalui proses coating. Proses ini dilakukan tak hanya pada permukaan exterior parts yang glossy namun juga pada parts dengan permukaan satin atau parts yang terekspos suhu tinggi seperti mesin.

Oleh karena itu kami memutuskan untuk bekerja sama dengan CR-1 dalam melakukan glass coating pada seluruh permukaan motor.

Proses glass coating ini memang terlihat mudah. Kami hanya perlu membersihkan, menyemir, dan mencuci permukaan parts sebelum melakukan proses glass coating. Namun faktanya, dibutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Proses glass coating ini tak hanya dapat diaplikasikan pada kendaraan baru, namun juga pada kendaraan lama jika ditangani oleh tim profesional.

Proses glass coating ini tidak membuat permukaan parts berkilau seperti kaca melainkan membuatnya terlihat deep glossy.  Proses ini juga diaplikasikan pada parts dengan permukaan satin sehingga warna yang dihasilkan terlihat lebih pekat. Dengan glass coating, parts akan lebih tahan terhadap suhu panas hingga di atas 1300 derajat celcius. Lapisan kaca yang menempel pada parts bersifat semi-permanen selama tidak tergores. Harga yang ditawarkan untuk proses glass coating ini adalah sebesar 52.920 yen. Kali ini, proses glass coating dilakukan oleh Ryu Yoshida dari Yamashiro CR Business Group. Ia juga ikut terlibat dalam ajang Tokyo Motorcycle Show. Motor favoritnya adalah RZ-R.

Proses glass coating ini tidak membuat permukaan parts berkilau seperti kaca melainkan membuatnya terlihat deep glossy. Proses ini juga diaplikasikan pada parts dengan permukaan satin sehingga warna yang dihasilkan terlihat lebih pekat. Dengan glass coating, parts akan lebih tahan terhadap suhu panas hingga di atas 1300 derajat celcius. Lapisan kaca yang menempel pada parts bersifat semi-permanen selama tidak tergores. Harga yang ditawarkan untuk proses glass coating ini adalah sebesar 52.920 yen. Kali ini, proses glass coating dilakukan oleh Ryu Yoshida dari Yamashiro CR Business Group. Ia juga ikut terlibat dalam ajang Tokyo Motorcycle Show. Motor favoritnya adalah RZ-R.

Kami pun sangat puas dengan hasilnya! Selain karena ketahanannya terhadap suhu panas, kami begitu menyukai knalpot Yoshimura dikarenakan matte finishing-nya. Awalnya kami mengira proses glass coating ini akan membuat tampilan glossy motor ini menjadi kurang menarik. Namun, dikarenakan lapisan kaca yang dibuat tim CR-1 hanya setebal 1mm, tekstur permukaan parts tidak berubah sama sekali.

Kami pun tak sabar melihat hasil akhir Special Monkey ini dan menunjukkannya pada pemenang undian.

Pertama-tama, bersihkan permukaan parts dari debu terutama bagian yang dicat. Alat yang digunakan pembersih permukaan berbahan microfiber. Langkah pertama selesai!

Pertama-tama, bersihkan permukaan parts dari debu terutama bagian yang dicat. Alat yang digunakan pembersih permukaan berbahan microfiber. Langkah pertama selesai!

Langkah selanjutnya adalah menyemir permukaan tangki dengan polisher. Meski tangki belum pernah digunakan sama sekali, langkah ini perlu tetap dilakukan untuk menyamaratakan permukaan tangki yang kemungkinan tergores saat dilap atau dibersihkan.

Langkah selanjutnya adalah menyemir permukaan tangki dengan polisher. Meski tangki belum pernah digunakan sama sekali, langkah ini perlu tetap dilakukan untuk menyamaratakan permukaan tangki yang kemungkinan tergores saat dilap atau dibersihkan.

Selanjutnya permukaan parts dicuci bersih agar terbebas dari kotoran dan debu yang menempel saat proses polishing. Setelah itu, parts dilapisi dengan lapisan (film) hidrofilik (kebalikan dari hidrofobik) dan didiamkan hingga kering.

Selanjutnya permukaan parts dicuci bersih agar terbebas dari kotoran dan debu yang menempel saat proses polishing. Setelah itu, parts dilapisi dengan lapisan (film) hidrofilik (kebalikan dari hidrofobik) dan didiamkan hingga kering.

Proses glass coating pun dimulai!

Step 1 - Gunakan kain lap kering yang lembut untuk memastikan bahwa permukaan parts benar-benar kering. Jika masih basah, lap permukaan parts secara hati-hati dengan timing yang pas (diperlukan keahlian khusus untuk melakukannya). Step 1 ini dilakukan oleh personel CR-1 dan tahap ini dibanderol dengan harga 8.023 yen. Anda pun bisa ikut bersama tim untuk mencobanya.

Step 1 – Gunakan kain lap kering yang lembut untuk memastikan bahwa permukaan parts benar-benar kering. Jika masih basah, lap permukaan parts secara hati-hati dengan timing yang pas (diperlukan keahlian khusus untuk melakukannya). Step 1 ini dilakukan oleh personel CR-1 dan tahap ini dibanderol dengan harga 8.023 yen. Anda pun bisa ikut bersama tim untuk mencobanya.

Step 2 – Semprotkan cairan ke permukaan yang tidak rata dengan menggunakan air gun. Selanjutnya, reaksi antara cairan tersebut dengan kelembaban udara akan menyebabkan terbentuknya lapisan sehingga diperlukan alat khusus untuk menghilangkan air dari udara yang keluar dari kompresor. Di tahap ini, Anda tidak perlu menggunakan lap kering seperti di tahap sebelumnya.

Step 2 – Semprotkan cairan ke permukaan yang tidak rata dengan menggunakan air gun. Selanjutnya, reaksi antara cairan tersebut dengan kelembaban udara akan menyebabkan terbentuknya lapisan sehingga diperlukan alat khusus untuk menghilangkan air dari udara yang keluar dari kompresor. Di tahap ini, Anda tidak perlu menggunakan lap kering seperti di tahap sebelumnya.

Selesai! Special Monkey siap dibawa pulang pemenang undian!

Parts dengan permukaan glossy kini terlihat lebih berkilau dan pekat. Knee grip juga lebih mudah dilakukan karena komponen glass coating dijamin 100% anti slip (seperti gelas yang baru dicuci).

Parts dengan permukaan glossy kini terlihat lebih berkilau dan pekat. Knee grip juga lebih mudah dilakukan karena komponen glass coating dijamin 100% anti slip (seperti gelas yang baru dicuci).

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat perbedaan antara bagian yang telah melalui proses glass coating (kanan) dengan yang belum (kiri). Di bagian kiri, terlihat carbon powder menempel pada permukaan part.

: Pada gambar di atas, Anda bisa melihat perbedaan antara bagian yang telah melalui proses glass coating (kanan) dengan yang belum (kiri). Di bagian kiri, terlihat carbon powder menempel pada permukaan part.

Sumber: Young Machine

Related post

Hot news

  1. EWC Teken Kontrak dengan Supplier Bahan Bakar Balap Berkualitas Tinggi
  2. Wojcik Racing Team 24 Heures Motos
  3. Sang Juara, Linfoot, Terpaksa Absen dari Laga Pembuka EWC
  4. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC

New Products

Return Top