MT-09 vs Street Triple S: Mana Motor 3 Silinder yang Lebih Unggul?

  • 06/12/2019
  •  940 views

Test Ride MT-09 dan Street Triple S

Yamaha dan Triumph masing-masing telah merilis motor 3 silinder segaris yang sama-sama hebat: Yamaha MT-09 dan Triumph Street Triple S. Apa yang membedakan kedua motor ini dan manakah yang lebih unggul? Artikel kali ini akan membahas secara komprehensif mengenai perbandingan motor keluaran pabrikan Jepang dan Inggris tersebut dengan melakukan test ride oleh dua test rider profesional, Hiroshi Maruyama dan Toru Tamiya.

Test Rider Hiroshi Maruyama

Test rider: Hiroshi Maruyama, seorang test rider profesional dan merupakan test rider utama dari majalah Young Machine dan pernah berpartisipasi dalam All Japan Road Race.

Test Rider Toru Tamiya

Test rider: Toru Tamiya, seorang penulis lepas yang utamanya meliput tentang motor. Memiliki MT-09 edisi pertama dan ia juga menggemari motocross.

[Berita Terkait]
Test Ride Suzuki Gixxer 250 SF, Motor Baru dengan Mesin Berpendingin Oli

Area perkotaan: Putaran rendah dan sedang tidak akan membuat rider mudah lelah (Review oleh Hiroshi Maruyama)

Daya tarik dari motor dengan mesin 3-silinder segaris ketika dikendarai di area perkotaan adalah atmosfernya terus berubah-ubah tergantung dari rentang putaran yang diaplikasikan ke mesin, termasuk ketika motor dipacu secara perlahan. Ada wilayah di mana memang diperlukan kecepatan tinggi dan ada pula wilayah yang sebaliknya.

Jika membandingkan mesin MT-09 ABS dengan Street Triple S, sebenarnya kesan yang didapat tidak terlalu berbeda. Suara knalpot dan mesinnya sendiri tidak terlalu bising.

Namun, ada beberapa faktor yang berbeda. MT-09 lebih berorientasi pada responnya dan memang terasa ringan saat motor dipacu pada kecepatan tinggi dengan cc yang lebih besar 80cc ketimbang Street Triple S. Street Triple S, sebaliknya, memiliki stabilitas yang tinggi saat power dimaksimalkan dan ini mempermudah Maruyama untuk melakukan aksi wheelie yang menjadi favoritnya. Menurutnya, Street Triple S lebih mudah untuk dioperasikan.

Yamaha MT-09 ABS

Yamaha MT-09 ABS. ● Harga sekitar 130 juta Rupiah. ● Warna: light gray, blue, dark gray. Perubahan kecil diberlakukan pada versi 2017 dan tampilan serta fungsionalitasnya ditingkatkan. Versi 2018-nya dilengkapi secara khusus dengan shock depan dari KYB dan shock belakang Ohlins (advanced version).

Ketika gas mulai digeber, MT-09 terasa lebih kasar dan terlalu sensitif. Memang MT-09 dan Street Triple S memiliki performa mesin saat kecepatan rendah yang baik, sehingga Anda akan nyaman berkendara di kota.

Hal yang sama dirasakan walaupun sudah berpindah dari area perkotaan ke jalan bebas hambatan. MT-09 berada di kecepatan 100km/jam 6-speed pada 4.000rpm sedangkan Street Triple S berada di 5.000rpm, 1.000rpm lebih tinggi dari MT-09.

Soal bodi motornya, Street Triple S nampak seperti motor sport yang mudah dikendalikan dan MT-09 memiliki kesan bahwa ini adalah motor yang cocok untuk dikendarai sehari-hari dan juga touring dengan kaki-kaki yang empuk. MT-09 berubah secara drastis ketika motor dipacu ke kecepatan tinggi; tidak hanya performa mesinnya yang mumpuni, namun berkendaranya tetaplah nyaman dan itulah yang terpenting.

Giliran Toru Tamiya yang mencoba test riding di area perkotaan ke jalan bebas hambatan

Kelebihan dari motor dengan mesin 3-silinder segaris di area perkotaan dan jalan bebas hambatan adalah motor dapat dipacu pada kecepatan rendah dan juga sedang dalam torsi penuh. Tamiya berpendapat bahwa baik MT-09 maupun Street Triple S berlari cukup mulus.

Triumph Street Triple S

Triumph Street Triple S ● Harga: Sekitar 142 juta Rupiah ● Warna: red, black. Model motor versi 2017 mengalami perubahan total. Model barunya menggunakan sasis aluminium yang dilengkapi denagn mesin 765cc yang ditingkatkan dari model sebelumnya yang mengusung mesin 675cc. Street Triple S memiliki spek yang paling dasar di antara motor seri ini: Street Triple R memiliki spek sedang, dan spek tingginya ditunjukkan oleh Street Triple RS.

Mesin yang dipasang di MT-09 dan Street Triple S hampir sama dari segi larinya. Namun, ketika putaran sedang, MT-09 terasa lebih lincah dan halus ketimbang Street Triple S yang lebih kasar.

MT-09 diuntungkan dengan bodinya yang ringan dan handling-nya yang mudah. Jok Street Triple S terasa lebih nyaman. Namun, MT-09 dapat mengatasinya dengan opsi penggantian jok Y’s Gear yang lebih nyaman jika Anda mau merogoh kocek 4 jutaan lagi.

Perbandingan Mesin MT-09 ABS dengan Street Triple S

Mesin MT-09 ABS

MT-09 ABS 845cc menggunakan throttle yang dikendalikan dengan listrik. Karakteristik mesinnya berbasis model standar dan Anda dapat memilih mode A dan B. MT-09 dilengkapi dengan quick shift system tanpa harus mengoperasikan kopling dan motor ini juga dilengkapi dengan assist & slipper clutch sehingga pengoperasian handle-nya terasa ringan.

Mesin Street Triple S

Street Triple S 765cc. Motor ini menggunakan sistem ride-by-wire. Mode berkendara dapat dipilih antara road dan rain, namun sensasinya tidak jauh berbeda. Street Triple R dapat memilih mode sport dan rider, sedangkan Street Triple RS dapat menambahkan track mode. Street Triple S tidak dilengkapi dengan assist & slipper clutch dan pengoperasian handle-nya terasa berat.

Perbandingan Panel Meter MT-09 ABS dengan Street Triple S

Perbandingan Panel Meter MT-09 ABS

MT-09 ABS mengadopsi panel meter full digital berukuran kecil. Speedometer dan fuel meter-nya ditampilkan dengan tipe garis. Terdapat pula informasi konsumsi bahan bakar rata-rata, suhu, waktu, posisi gigi, dan mode berkendara yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dengan switch tangan kanan dan kiri.

Panel Meter Street Triple S

Street Triple S mengadopsi panel meter yang menggabungkan tachometer tipe jarum dan panel LCD multifungsi. Indikator posisi giginya diletakkan di bagian atas tachometer dan memiliki visibilitas yang sempurna. Traction control-nya dapat diatur on/off dan bisa diubah dengan switch di bagian kiri panel meter.

Perbandingan Suspensi MT-09 ABS dengan Street Triple S

Suspensi MT-09 ABS

MT-09 ABS memiliki shock depan dengan diameter as 41mm dan merupakan tipe fully adjustable serta memiliki panjang stroke 137mm. Shock belakang link type monochrome-nya bisa disetel untuk pre-load dan damping force. Setelan shock depan dan belakangnya cukup empuk, namun Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda.

Suspensi Street Triple S

Street Triple R dan RS memiliki shock depan belakang tipe fully adjustable, namun Street Triple S hanya dapat menyetel pre-load di shock belakangnya. Walau begitu, shock depan dan belakangnya adalah produk Showa yang telah dikombinasikan ke setelan yang sesuai untuk basis motor road sport yang dapat dikendarai di jalanan umum, sehingga tidak perlu untuk disetel lagi.

Perbandingan Posisi Berkendara MT-09 dengan Street Triple S

Posisi Berkendara MT-09 ABS

Kaki terasa sedikit berjinjit ketika menaiki MT-09. Jok, footstep dan stangnya berada dalam posisi yang mengharuskan tubuh bagian atas untuk tetap tegak.

Posisi Berkendara Street Triple S

Street Triple S memiliki foot grounding hampir sama dengan MT-09. Tubuh bagian atas agak condong ke depan dan posisi antara jok, footstep dan stang flatbar-nya memang posisi yang wajar dimiliki motor sport pada umumnya.

[Berita Terkait]
Motor Listrik Terbaik 2019 Versi MCN

Perbandingan Saat di Tikungan (Review oleh Hiroshi Maruyama)

Saat dibawa berbelok, performa kedua motor terasa berbeda terutama di bagian bodinya. Street Triple S adalah motor sport dengan performa di tikungan yang baik. MT-09 dirasa kurang seimbang antara bodinya yang ringan, kecepatan mesinnya, dan keempukan kaki-kakinya.

Review Maruyama Performa Berbelok

Review Maruyama

Akan tetapi, MT-09 memiliki mekanisme setelan suspensi tipe fully adjustable. Dan jika dibawa pada kecepatan rendah dan memaksimalkan torsinya, akan terasa lebih baik.

MT-09 dapat dikendarai untuk segala situasi, mulai dari area perkotaan, jalan bebas hambatan, hingga jalan berliku. MT-09 dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemiliknya.

Sedangkan Street Triple S adalah motor 3 silinder yang sesuai untuk beragam keperluan, termasuk berkendara di jalanan kota. Sama dengan MT-09 yang fleksibel, Street Triple S memiliki banyak fungsi.

Dengan kata lain, ini adalah motor dengan mesin 3 silinder segaris yang kekinian tanpa dilengkapi mesin 2 tak. Faktanya, motor ini tidak memiliki power yang begitu bertenaga, namun sensasi berkendaranya cukup mengejutkan dan beresiko saat motor tiba-tiba melaju kencang saat gas diputar. Hanya sedikit mesin yang bisa menyeimbangkan antara performa dan faktor kesenangan.

Di dunia motor, banyak pemilik yang menginginkan motor yang dibekali dengan mesin yang bisa mewakili jati diri mereka. Dan, sepertinya motor bermesin 3 silinder cukup spesial di kalangan para penggemar motor karena cukup unik. Bukankah lebih menyenangkan jika Anda bisa mengendarai motor dengan mesin berperforma tinggi, unik, dan dibanderol dengan harga murah?

Perbandingan Saat di Tikungan (Review oleh Toru Tamiya)

Review Tamiya Peforma Berbelok

Review Tamiya

Sensasi berbelok menggunakan motor 3 silinder sangatlah menyenangkan. Kepuasan bisa didapatkan saat putaran menengah bahkan jika Anda mengendarainya di atas jalanan yang menantang. Karena MT-09 termasuk motor off-road dan kesan yang ditampilkan lebih ekstrim. Kaki-kakinya sangat responsif seiring dengan pergerakan gas baik saat digeber maupun tidak. Sedangkan, Street Triple S memiliki karakteristik motor sport yang kental.

Mesin 3 silinder vs 4 silinder

Kawasaki Z900

Contoh: Kawasaki Z900

Sebagai hasilnya, mesin 4 silinder yang khas dengan putaran tinggi dan juga output tingginya ini jika dibandingkan dengan 3 silinder menjadi lebih kurang atraktif saat putaran rendah dan sedang. Walaupun mesin 4 silinder juga nyaman di putaran rendah, ada kalanya mesin 4 silinder harus dipacu secara maksimal untuk mendapatkan performa fitur utamanya. Di lain sisi, mesin 3 silinder tidak terlalu bertenaga di putaran tinggi dibanding dengan mesin 4 silinder dengan kapasitas yang sama. Namun, mesin 3 silinder lebih fleksibel karena dapat memuaskan kebutuhan di rentang kecepatan manapun. Mesin 3 silinder dominan di putaran rendah dan sedang.

Mesin 3 silinder vs 2 silinder

Yamaha MT-07 ABS

Contoh: Yamaha MT-07 ABS

Karakteristik mesin 2 silinder segaris dapat dirasakan tergantung pada timing kruk asnya. Namun, power-nya belumlah maksimal dibandingkan dengan multi-engine. Sebaliknya, mesin 3 silinder dapat menghadirkan kepuasan tingkat tinggi. Mesin 2 silinder v-type cenderung menghasilkan kepuasan pribadi yang melampaui 3 silinder, namun 3 silinder lebih superior dalam hal fleksibilitas untuk desain motor dan situasi berkendara. Mesin v-twin berpendingin cairan berkapasitas besar dinilai lebih mudah mengalami keterbatasan desain dan kesulitan berkendara.

Mesin 3 silinder lebih baik karena memiliki karakteristik torsi yang luar biasa

Mesin 3 Silinder 845cc MT-09 ABS

Mesin 3 Silinder 845cc MT-09 ABS

Mesin 3 Silinder 765cc Street Triple S

Mesin 3 Silinder 765cc Street Triple S

Kelebihan dari mesin 3 silinder adalah mesin jenis ini lebih ringan dan ramping dibandingkan mesin 4 silinder. Selain itu, mesin 3 silinder dapat lebih leluasa untuk dirancang.

Torsi mesin memiliki jenis “torsi pembakaran” yang tidak muncul saat proses pembakaran di tiap silinder dan “torsi inersia” yang terjadi di sekitar kruk as akibat dari tarikan dan pelepasan gas karena gerakan timbal balik dari piston. Kombinasi keduanya disebut “torsi sintetis”.

Ide Yamaha untuk mencapai performa traksi linear berdasarkan gaya pengoperasian rider-nya diperoleh dengan menghilangkan torsi inersia yang dihasilkan disebut dengan konsep “cross plane”.

Kelebihan Mesin 3 Silinder

Mesin 3 silinder memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mesin 2 silinder dan 4 silinder.

Mesin 3 silinder segaris milik MT-09 dibentuk dari kontrol intuitif rider dengan menghasilkan puncak torsi inersia di posisi di mana sulit untuk menghalangi gelombang torsi pembakaran.

Fakta bahwa mesin 3 silinder lebih ringan dan compact dari 4 silinder merupakan keunggulan utama mesin ini. Dengan desain mesin yang ramping, maka handling-nya akan menjadi mudah dan foot grounding-nya juga lebih nyaman.

Grafik Gelombang Sudut Kruk As dengan Torsi

MT-09 mengusung 120 derajat kruk as segaris di mesin 3 silindernya. Dapat dilihat bahwa amplitudo torsi inersianya kecil, sedangkan amplitudo torsi pembakaran dan rigidity-nya hampir sama.

Topik 1: Motor Triumph 765cc mencatat rekor kecepatan 300,6km/jam di GP Italia

Triumph 765cc 3 Silinder Moto2

Di musim ini, motor Triumph 765cc 3 silinder mengikuti kejuaraan World Road Racing Championship kelas Moto2. Di GP Italia, Moto2 dapat mencapai kecepatan 300km/jam jika sudah di-tuning dengan menyeluruh. Kita nantikan saja evolusi 3 silinder selanjutnya!

Topik 2: Yamaha 845cc, motor tourer bobot berat

Yamaha Niken Mesin 3 Silinder

Motor roda tiga Yamaha Niken yang berteknologi LMW dilengkapi dengan mesin 3 silinder segaris milik MT-09. Jika massa inersia kruk as dan komponen lainnya meningkat 18% yang memengaruhi torsi rendah hingga sedang, maka dapat dipastikan bahwa mesin ini memang kompatibel untuk motor seberat 263kg kelas 845cc.

Kesimpulan: Mesin 3 silinder dapat diaplikasikan ke berbagai jenis motor, mulai dari Moto2 hingga Niken

Melalui test ride ini, diketahui bahwa motor dengan mesin 3 silinder, MT-09 dan Street Triple S memiliki perbedaan satu sama lain. Karakteristik mesinnya lumayan mumpuni untuk rotasi rendah hingga tinggi sehingga rentangnya lebih luas dibanding mesin lainnya. Dalam hal desain motor, mesin 3 silinder dapat dipasang di kategori motor manapun karena bobotnya yang ringan yang menjadi keunggulan utamanya dibanding mesin 4 silinder.

Toru Tamiya dan Hiroshi Maruyama

Toru Tamiya dan Hiroshi Maruyama

Ada beberapa pabrikan yang memasang mesin di motor produksi mereka, di antaranya adalah Yamaha, Triumph, dan MV Agusta. Mesin 3 silinder juga memiliki keseimbangan yang sempurna antara performa dan harganya serta dapat dipasang di berbagai jenis motor.

Mesin 3 silinder mencatatkan sejarah di ranah balapan, namun mesin ini tidak akan berhenti berinovasi sebelum dikategorikan sebagai mesin yang sempurna. Dengan kata lain, pencapaian dan terobosan baru akan terus dilakukan mesin 3 silinder ini. Kita nantikan saja.

Spesifikasi

Spesifikasi MT-09 dan Street Triple S

Sumber [ Young Machine ]

[Baca Juga]
Pria Asal Irak Berhasil Pecahkan Guinness World Record Berdiri di Atas Motor Sejauh 42km!

Related post

Hot news

  1. EWC Teken Kontrak dengan Supplier Bahan Bakar Balap Berkualitas Tinggi
  2. Wojcik Racing Team 24 Heures Motos
  3. Sang Juara, Linfoot, Terpaksa Absen dari Laga Pembuka EWC
  4. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC

New Products

Return Top