MV Agusta Siap Luncurkan Motor Hyper Naked Rush 1000

  • 10/01/2020
  •  865 views

MV Agusta Rush 1000

MV Agusta baru saja mengumumkan peluncuran motor hyper naked terbaru mereka Rush 1000. Motor ini berbasis Brutale 1000RR dan rencananya akan rilis perdana bulan Juni 2020 mendatang di Jepang. Rush 1000 memiliki tampilan yang gahar a la motor balap drag racing yang dibekali dengan komponen-komponen tercanggih untuk meraih kecepatan maksimal.

Ini adalah satu-satunya motor produksi massal yang menggunakan katup radial dan stang seher berbahan titanium. Komponen-komponen tersebut membuat motor ini dapat menyemburkan output 208 tenaga kuda saat dipacu di jalanan umum. Jika dipasang dengan knalpot racing ditambah ECU keluaran terbaru, Rush 1000 bisa dinaikkan power-nya menjadi 212 tenaga kuda. Motor hyper naked ini digadang-gadang akan membuat gebrakan baru dengan mengusung performa, handling dan keamanan tingkat tinggi.

Rush 1000

Di Jepang, motor ini dibanderol 4.510.000 Yen atau sekitar 570 juta Rupiah. Kita nantikan saja kelanjutan infonya untuk pasar Indonesia.

Motor Baru MV Agusta Rush 1000

Pertama-tama, mari bahas lampu depannya. Desain lampu depan Rush 1000 terinspirasi dari RVS#1 dan menampilkan teknologi yang lebih canggih. Lampu depan full LED ini didesain untuk meningkatkan keamanan dan menambah kesenangan saat berkendara. Lampu depan ini juga dibekali dengan fungsi cornering yang dapat membuat sorot lampu mengikuti arah motor saat menikung. Bracket dan batoknya terbuat dari bahan yang ringan dengan proses CNC. Alhasil, desain dan fungsionalitasnya juara. Cover belakang lampunya terbuat dari serat karbon.

Lampu Depan MV Agusta Rush 1000

Jika diperhatikan, serat karbon juga dipakai di cover jok belakang dengan desain minimalis dan juga panel samping belakangnya. Selain itu, tutup tangki motor ini terbuat dari aluminium dengan proses CNC.

Cover Serat Karbon MV Agusta Rush 1000

Fitur utama Rush 1000 yang sangat menarik perhatian adalah penggunaan velg belakang model tertutup yang terinspirasi dari drag racing. Velg ini terbuat dari aluminium proses forging dan ditutupi dengan cover serat karbon yang dirancang untuk mengoptimalkan sistem aerodinamisnya. Velg depannya mengadopsi velg jari-jari yang nampak kontras agar menghindari tampilan motor yang terlihat berat.

Roda Belakang MV Agusta Rush 1000

Roda Depan MV Agusta Rush 1000

Banyak komponen motor yang dirancang khusus untuk Rush 1000, seperti pada bagian tail, jok dan lampu belakang serta knalpot. Knalpotnya dibuat secara hand-made dari titanum dan memiliki heat shield berlapis serat karbon. Mapping dari control unit-nya kini difokuskan ke knalpot secara linear sehingga dapat menghasilkan power yang luar biasa.

Lampu Belakang MV Agusta Rush 1000

Rush 1000 mengusung teknologi dan dinamika yang dimiliki Brutale 1000RR. Rush 1000 memiliki mesin 4 silinder segaris dilengkapi dengan MVICS (Motor & Vehicle Integrated Control System) yang memiliki delapan injektor (4 fuel injector bagian bawah dari Mikuni dan 4 fuel injector bagian atas dari Magneti Marelli dengan aliran bahan bakar yang meningkat).

Motor ini memiliki engine control unit Eldor EM2.0 dengan throttle body full ride-by-wire yang dibuat oleh Mikuni. Terdapat pula pencil-coil dengan teknologi sensor ion, kendali detonasi dan misfire.

Rush 1000 juga dilengkapi dengan empat engine management map yakni Sport, Race, Rain dan Custom), traction control dengan delapan tingkat pengaturan dan wheelie control dengan platform inersia. Selain itu, motor ini juga mengadopsi MV EAS 2.1 (Electronically Assisted Shift Up & Down) agar sistem transmisinya semakin mudah dan menghasilkan kecepatan yang responsif.

Fitur teknis dari mesin 4 silinder segaris ini termasuk kruk as terbaru dan piston ringan yang didesain ulang. Motor ini juga memiliki ruang pembakaran yang telah melalui proses perbaikan dan memiliki katup radial yang diadopsi dari teknologi F1. Stang sehernya berbahan titanium seperti yang digunakan di motor balap MotoGP untuk mengurangi massa, beban dan inersia mesin.

Mesin MV Agusta Rush 1000

Selain itu, motor ini juga mengusung rantai keteng tengah yang sudah menjadi ciri khas motor MV Agusta dan dapat mengurangi efek perputaran noken as pada kecepatan tinggi.

Di bagian kaki-kaki terdapat suspensi OHLINS EC dengan kompresi dan ekstensi hidrolik yang dikendalikan menggunakan listrik. Sistem ini menawarkan pilihan antara pengaturan pre-set dan manual untuk meningkatkan kapasitas sasis berdasarkan keinginan rider dan kondisi jalanan.

MV Agusta Rush 1000 Tampak Samping

Rush 1000 juga menghadirkan fitur spesial yang membuat motor ini semakin istimewa. Anda dapat menghubungkan smartphone Anda dengan Rush 1000 melalui aplikasi MV Ride. Aplikasi ini memungkinkan Anda mencoba hal-hal baru seperti merencanakan, merekam dan membagikan perjalanan Anda bersama Rush 1000.

Anda dapat mengatur sendiri kerja kelistrikan Rush 1000 melalui smartphone Anda. Jika Anda ingin membagikan pengalaman berkendara terbaik Anda, Anda hanya perlu klik di aplikasi MV Ride. Aplikasi ini juga menawarkan fungsi mirroring via bluetooth yang memungkinkan Anda untuk mengakses fungsi navigasi seperti speedometer dengan sangat mudah.

Panel Meter MV Agusta Rush 1000

Spesifikasi MV Agusta Rush 1000

Mesin DOHC 16 katup 4 silinder 4 tak
Kapasitas Mesin 998cc
Rasio Kompresi 13,4:1
Bore x Stroke 79mm x 50,9mm
Output Maksimum 208hp/13.000rpm (212hp/13.600rpm)
Torsi Maksimum 11,9kgm/11.000rpm
Engine Management MVICS ignition system (Motor & Vehicle Integrated Control System), 4 mode (Normal, Sport, Rain, Custom), traction control system 8 tingkat, quick shift MV EAS 2.1 (Electronically Assisted Shift Up & Down)
Transmisi 6-speed
Kopling Wet, multi-disc clutch
Panjang x Lebar 2.080mm x 805mm
Jarak Sumbu Roda 1.415mm
Tinggi Jok 845mm
Berat Kering 184 – 186 kg
Kapasitas Tangki 16L
Rangka Trellis baja
Swingarm Aluminium single side
Suspensi Depan OHLINS Nix EC diameter 43mm upside down
Suspensi Belakang OHLINS TTX progressive single shock
Rem Depan Kaliper 4 piston radial mount Brembo, cakram ganda diameter 320mm floating
Rem Belakang Kaliper 2 piston Brembo, cakram tunggal diameter 220mm
Velg Depan Velg jari-jari 3,5” x 17”
Velg Belakang Velg aluminium 6,0” x 17” dengan cover serat karbon
Ukuran Ban Depan: 120/70-17, belakang: 200/55-17
Warna Dark Metallic Matte Gray/Mamba Red Matte Carbon/Metallic Bronze

Related post

Hot news

  1. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC
  2. Loris Cresson
  3. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  4. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC

New Products

Return Top