Potensi Mega Supersport Kawasaki ZX-14 K2 Project Japan Custom Culture
- 13/07/2023
1,322 views
Kawasaki Ninja ZX-14R pertama diperkenalkan sebagai motor flagship Kawasaki pada 2012 dengan mesin 1,441cc dijual di Jepang sampai tahun 2019. Bahkan walau sudah bertahun-tahun yang lalu, motor ini tidak kelihatan out of date atau kuno. Sang owner punya postur badan tidak begitu tinggi, jadi Ninja ZX-14R ini cukup besar buatnya. Dimulailah perjalanannya memodifikasi motor ini untuk membuat handlingnya semakin mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah memasang lowering kit dan menyetel posisi riding.
Demi memangkas bobot lebih banyak setelah handlingnya jauh lebih enak, transformasi motor pun dilakukan secara bertahap. Pertama-tama, shock belakang bawaannya yang berat digantikan ke versi aftermarket yang lebih ringan dan bisa disetel. Master silinder rem dan kopling belakang juga diganti yang lebih sesuai dengan ukuran genggaman owner jadi power motor lebih terkendali.
Langkah kedua adalah memasang kaliper radial Brembo dan swingarm Wheelie yang sudah lama diincar. Awalnya si owner pikir step modifikasi yang ini tidak perlu, tapi ia jadi paham keuntungan pemakaian custom parts yang membuatnya lebih percaya diri dan nyaman saat touring. Bahkan masalah kecil bisa jadi problem besar, dan dalam pencarian solusi ia jadi paham bagian mana saja yang membutuhkan upgrade.
K2 Project memang spesialis motor custom yang tidak pernah mengecewakan. ZX-14R ini adalah salah satu contoh terbaik bagi rider yang mungkin memiliki masalah yang sama.
Stang
Motor ini keluaran tahun 2017 versi high grade yang stangnya lebih lebar dan agak naik. Master rem dan kopling sudah disesuaikan dengan kebutuhan rider sehingga lebih responsif. Tangki minyak di kanan dan kirinya yang memiliki bagian aluminium CNC adalah dari Rizoma.
Bodywork
Komponen body seperti cowl depan, windshield, dan jok tetap bawaan asli ZX-14R. Footstepnya diganti ke model knurling.
Standar tengahnya adalah bawaan motor yang masuk ke spek Asia 2016. Lowering kit EFFEX memberikan efek penurunan tinggi motor yang natural.
Mesin
Mesin empat silinder segaris 1,441cc dan injeksinya tetap yang original dengan tambahan cover radiator Nojima Engineering serta slider Over Racing.
Intake & Exhaust
Knalpot kanan dan kirinya adalah seri Heat Titanium Twin TYPE-SC hasil kolaborasi Nojima dan K-2 Project. Bobotnya yang ringan dan performanya yang perkasa membuatnya jadi knalpot idaman. Swingarm aluminium triple dari Wheelie dan shock belakangnya datang dari Ohlins. Velgnya adalah seri M7RS Marchesini ukuran 3.50-17/6.00-17.
Sasis
Shock USD 43mm bawaan dengan baut klem as yang dimodifikasi. Bagian rem depan dilengkapi kaliper radial Gale Speed dan disc cakram Brembo.
Rem belakangnya juga memakai kaliper radial Gale Speed 2pcs. Selang rem depan dan belakang adalah Allegri Shorto series.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Cover Radiator NOJIMA |
Knalpot | Heat Titanium Twin Type-sc K-Ⅱ Project NOJIMA ENGINEERING |
Rangka |
Racing Slider OVER RACING Swingarm Wheelie Lowering Kit EFFEX |
Rem | Master Rem Elaborate VRE GALE SPEED Tabung Minyak Wave untuk Mineral Oil RIZOMA Kaliper Depan Radial 4P Gale Speed Disc Cakram Floating SERIE ORO Brembo Kaliper Depan 2P 34 Elaborate Gale Speed Bracket Kaliper Belakang ACTIVE |
Velg | Velg Aluminium forging M7RS Genesi MARCHESINI |
Suspensi | Shock Belakang OHLINS |
Gear dan Rantai | Rantai RK GV Series Gold GV530X-XW Gear Belakang Steel XAM |
Stang | Master Kopling Elaborate VRE GALE SPEED |
Bodywork | Windshield Spoiler MRA |
Kegigihan Jadi Modal Utama Yoshimura SERT Motul Incar Kemenangan Suzuka EWC
Modifikasi R6 Kesayangan, Pakai Part Mewah Japan Custom Culture