Potensi Mega Supersport Kawasaki ZX-14 K2 Project Japan Custom Culture

  • 13/07/2023
  •  1,322 views

ZX-14R by K2 Project 1

Kawasaki Ninja ZX-14R pertama diperkenalkan sebagai motor flagship Kawasaki pada 2012 dengan mesin 1,441cc dijual di Jepang sampai tahun 2019. Bahkan walau sudah bertahun-tahun yang lalu, motor ini tidak kelihatan out of date atau kuno. Sang owner punya postur badan tidak begitu tinggi, jadi Ninja ZX-14R ini cukup besar buatnya. Dimulailah perjalanannya memodifikasi motor ini untuk membuat handlingnya semakin mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah memasang lowering kit dan menyetel posisi riding.

ZX-14R by K2 Project 2

Demi memangkas bobot lebih banyak setelah handlingnya jauh lebih enak, transformasi motor pun dilakukan secara bertahap. Pertama-tama, shock belakang bawaannya yang berat digantikan ke versi aftermarket yang lebih ringan dan bisa disetel. Master silinder rem dan kopling belakang juga diganti yang lebih sesuai dengan ukuran genggaman owner jadi power motor lebih terkendali.

Langkah kedua adalah memasang kaliper radial Brembo dan swingarm Wheelie yang sudah lama diincar. Awalnya si owner pikir step modifikasi yang ini tidak perlu, tapi ia jadi paham keuntungan pemakaian custom parts yang membuatnya lebih percaya diri dan nyaman saat touring. Bahkan masalah kecil bisa jadi problem besar, dan dalam pencarian solusi ia jadi paham bagian mana saja yang membutuhkan upgrade.

K2 Project memang spesialis motor custom yang tidak pernah mengecewakan. ZX-14R ini adalah salah satu contoh terbaik bagi rider yang mungkin memiliki masalah yang sama.

Stang

Dashboard

Motor ini keluaran tahun 2017 versi high grade yang stangnya lebih lebar dan agak naik. Master rem dan kopling sudah disesuaikan dengan kebutuhan rider sehingga lebih responsif. Tangki minyak di kanan dan kirinya yang memiliki bagian aluminium CNC adalah dari Rizoma.

Bodywork

Footstep

Komponen body seperti cowl depan, windshield, dan jok tetap bawaan asli ZX-14R. Footstepnya diganti ke model knurling.

Shock Ohlins dan Lowering Kit EFFEX

Standar tengahnya adalah bawaan motor yang masuk ke spek Asia 2016. Lowering kit EFFEX memberikan efek penurunan tinggi motor yang natural.

Mesin

Cover radiator
Mesin empat silinder segaris 1,441cc dan injeksinya tetap yang original dengan tambahan cover radiator Nojima Engineering serta slider Over Racing.

Intake & Exhaust

Knalpot titanium Nojima

Knalpot kanan dan kirinya adalah seri Heat Titanium Twin TYPE-SC hasil kolaborasi Nojima dan K-2 Project. Bobotnya yang ringan dan performanya yang perkasa membuatnya jadi knalpot idaman. Swingarm aluminium triple dari Wheelie dan shock belakangnya datang dari Ohlins. Velgnya adalah seri M7RS Marchesini ukuran 3.50-17/6.00-17.

Sasis
Kaliper depan

Shock USD 43mm bawaan dengan baut klem as yang dimodifikasi. Bagian rem depan dilengkapi kaliper radial Gale Speed dan disc cakram Brembo.

Swingarm Wheelie

Rem belakangnya juga memakai kaliper radial Gale Speed 2pcs. Selang rem depan dan belakang adalah Allegri Shorto series.

Galeri

Spek

Part Detail
Mesin Cover Radiator NOJIMA
Knalpot Heat Titanium Twin Type-sc K-Ⅱ Project NOJIMA ENGINEERING
Rangka Racing Slider OVER RACING
Swingarm Wheelie
Lowering Kit EFFEX
Rem Master Rem Elaborate VRE GALE SPEED
Tabung Minyak Wave untuk Mineral Oil RIZOMA
Kaliper Depan Radial 4P Gale Speed
Disc Cakram Floating SERIE ORO Brembo
Kaliper Depan 2P 34 Elaborate Gale Speed
Bracket Kaliper Belakang ACTIVE
Velg Velg Aluminium forging M7RS Genesi MARCHESINI
Suspensi Shock Belakang OHLINS
Gear dan Rantai Rantai RK GV Series Gold GV530X-XW
Gear Belakang Steel XAM
Stang Master Kopling Elaborate VRE GALE SPEED
Bodywork Windshield Spoiler MRA

Related post

Hot news

  1. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC
  2. Loris Cresson
  3. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  4. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC

New Products

Return Top