SRC adalah manufaktur crash bar, bracket, bracket box untuk beragam tipe sepeda motor, khususnya yang off-road asal Thailand. Eksis sejak tahun 2017, mereka sudah tumbuh menjadi brand yang besar dan terpercaya. Beberapa waktu lalu staff Webike mengunjungi pabrik SRC untuk melihat secara langsung proses produksi produk-produk mereka!
Brand seperti apakah SRC?
SRC berkomitmen untuk menyediakan produk crash bar, engine guard, bracket box dan masih banyak lainnya dengan kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain populer di Thailand, SRC juga sudah memiliki pasar tersendiri di Amerika, Australia, dan Jepang.
Pendirinya adalah Pichit Truajmoraka atau yang lebih dikenal sebagai Mue yang dahulunya adalah pembalap enduro. Awalnya beliau coba-coba membuat produk crash bar yang murah tapi awet. Harga produk semacam ini tergolong mahal karena sebagian besar merupakan barang impor.
Selain manufaktur, SRC juga memiliki tim balap off-road yang sukses di ranah balap Thailand dan Asia. Keberadaan mereka juga makin menghidupkan dunia off-road di seluruh Asia.
■Crash Bar Yamaha Tenere
■Crash Bar Honda NX500
Proses manufaktur
SRC berpusat di kota Sri Racha yang berlokasi di tengah-tengah Bangkok dan Pattaya. Nama SRC jelas merupakan singkatan dari kota ini.
Pabrik SRC dilengkapi dengan berbagai macam mesin cutting 3D dan mesin cutting laser yang besar. Proses produksi barang di sini dimulai dengan pengukuran menggunakan mesin scanner 3D dari produk dan sepeda motor yang akan dipasangi produknya.
■Proses scan
Begitu data 3D sudah selesai dimasukkan ke komputer, tim desain membuat draft bentuk kasar produknya. Setelah desainnya disempurnakan dan disetujui, baru proses produksi dimulai dengan membuat contoh produk yang kemudian dites keamanannya dengan menggunakan beragam sistem. Dalam tahapan ini, banyak sekali yang terlibat, bahkan Mue juga turun tangan.
Saat proses pengecatan, mereka juga memiliki teknis pengecatan khusus produk off-road. Bagian yang dicat bukan hanya bagian luar produknya saja, tapi juga bagian dalam pipanya karena kalau tidak dicat ada resiko karat mengingat motor-motor off-road akrab dengan medan jalan berlumpur atau basah.
Ketika Webike berkunjung, kebetulan mereka sedang melakukan tes untuk produk crash bar, cover radiator, skid plate, dan bracket box untuk motor Honda NX500 atau seri terbaru CB500X yang mereka pamerkan di Tokyo Motorcycle Show bulan Maret lalu.
Crash bar dengan kualitas buruk akan bergetar saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Maka dari itu, Mue selalu melakukan tes produk dalam kecepatan maksimum untuk memastikan bahwa produk tidak ada bergetar atau memiliki masalah lain saat digunakan. Tentu saja tes ini juga melibatkan menjatuhkan motor dengan sengaja. Setelah proses desain, pengembangan, dan tes, baru produknya masuk ke tahapan produksi. Hasil akhir produknya juga dicek satu per satu dan jika ada sedikit saja bagian cat yang tidak rata, produk akan direject.
Dari kunjungan kami, kami bisa melihat dedikasi SRC datang dari rider off-road sendiri yang sudah memahami produk seperti apa yang dibutuhkan rider-rider off-road di seluruh dunia.
Webike adalah distributor resmi SRC!
Webike dengan bangga mengumumkan bahwa kami sudah menandatangani kontrak sebagai distributor eksklusif SRC. Yuk dicek produk-produk berkualitasnya lewat link di bawah ini!
◆SRC on Webike