Rider dan Tim Dukung Penyelenggaraan FIM Endurance World Trophy
- 14/03/2025
73 views

Para rider dan tim FIM Endurance World Championship memberikan dukungan mereka terhadap FIM Endurance World Trophy 2025 yang akan masuk ke dalam EWC Pyramid.
Dilengkapi oleh pemasok ban resmi Dunlop, FIM Endurance World Trophy dikembangkan oleh promotor EWC, Warner Bros Discovery (WBD) Sports, melalui kerja sama yang erat dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).
Para peserta akan membalap dengan motor 1000cc yang sangat mirip dengan motor yang biasa digunakan di jalan raya, namun hanya diperbolehkan melakukan modifikasi dasar untuk membatasi biaya operasional dan memastikan bahwa kelas baru ini dapat dijangkau baik secara finansial maupun performa.
Dengan mempertimbangkan target-target ini, hanya tangki bahan bakar standar yang dapat digunakan dan diganti selama pitstop dengan bantuan konektor quick release yang aman dan bukan dengan mengisi ulang bahan bakar motor. Waktu pitstop minimum akan diatur demi alasan keselamatan.
Secara signifikan, para peserta FIM Endurance World Trophy akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di lintasan pada waktu yang sama dengan para rider Formula EWC dan Superstock serta mendapatkan keuntungan dari siaran langsung dan eksposur di saluran resmi EWC.
Dengan aksesibilitas sebagai fokus utama, pemasok ban resmi Dunlop akan menyediakan 10 set ban gratis bagi setiap tim FIM Endurance World Trophy untuk digunakan pada balapan 24 jam dan lima set untuk 8 Hours of Spa Motos, dengan total 25 set ban selama satu musim bagi para peserta. Insentif bersama dari WBD Sports dan Dunlop ini akan membantu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh tim dan mengukuhkan posisi FIM Endurance World Trophy sebagai sebuah langkah awal yang inovatif untuk masuk ke dalam FIM Endurance World Championship.
Julien Bonnet, yang akan membalap untuk tim peserta Endurance World Trophy, Green Team 42 Lycee St Claire, mengatakan: “Keinginan untuk membuat kategori yang lebih mudah diakses adalah hal yang baik. Inilah jawaban atas masalah anggaran tim-tim independen. Kejuaraan ini tidak bisa dilakukan hanya dengan tim-tim resmi. Kategori produksi ini akan memungkinkan lebih banyak tim di grid awal.”
Christian Gamarino (foto atas) sangat menyadari pentingnya jalur perkembangan di EWC setelah ia naik kelas ke kategori Formula EWC pada tahun 2024, setelah membantu Team 33 Louit April Moto memenangkan FIM Endurance World Cup 2023.
Rider asal Italia ini, yang akan menjalani musim kedua di Formula EWC bersama Kawasaki Webike Trickstar untuk musim 2025, mengatakan: “Kesempatan untuk berkembang sangatlah penting. Ketika saya beralih dari Superstock ke Formula EWC, banyak rider yang menyadari bahwa hal tersebut juga mungkin bagi mereka, jadi sekarang mereka berusaha lebih keras untuk mencapai puncak karena mereka memiliki lebih banyak energi untuk menjadi lebih cepat demi mendapatkan tempat di tim Formula EWC.
“Jika Anda membalap di negara Anda dan ingin membalap di kejuaraan dunia, tentu saja biayanya lebih murah untuk kategori pemula. Lebih mudah bagi tim dan rider untuk memulai di sana. Yang paling penting adalah membalap, karena jika Anda hanya ikut balapan lokal, sulit untuk menunjukkan potensi Anda dan menunjukkan kepada tim lain bahwa Anda bisa menjadi rider yang sangat cepat.”
Yannick Bureau, yang mengepalai Team18 Sapeurs Igol CMS Motostore yang menjuarai FIM Endurance World Cup 2022 (foto bawah), mendukung terciptanya FIM Endurance World Trophy.
Ia mengatakan: “Saya melihat penciptaan kategori baru ini secara positif karena beberapa alasan. Kategori ini akan menarik lebih banyak orang yang sangat penting dari segi ekonomi bagi penyelenggara dan promotor. Berkompetisi di Superstock saat ini membutuhkan sumber daya yang jauh lebih besar dibandingkan 20 tahun lalu dan butuh kategori dengan dana lebih sedikit.”
Julien Diguet, yang mengelola Dafy-RAC 41-Honda di FIM Endurance World Cup, mengatakan: “Kedatangan promotor baru, WBD Sports, telah meningkatkan visibilitas kami dan mendatangkan lebih banyak sponsor. Namun, sebagai akibatnya, tim-tim menjadi lebih profesional dan perlu berinvestasi lebih banyak. Tim-tim yang lebih kecil mungkin akan mengalami kesenjangan anggaran yang cukup besar, jadi penting untuk terus mendukung tim-tim kecil [dengan inisiatif menghidupkan FIM Endurance World Trophy] karena tanpa mereka, balapan ini tidak akan terjadi.”
24 Heures Motos akan menjadi tuan rumah ronde pembuka FIM Endurance World Trophy pada tanggal 17-20 April. Informasi tiket tersedia di sini.
Sumber [ FIM EWC ]