Simak Perbedaan Tiap Seri Kaliper Rem Brembo Radial dan Axial
- 22/03/2024
6,922 views

Komponen pengereman Brembo adalah salah satu yang terbaik dan bergengsi di dunia, dan selalu dipakai di ajang balap MotoGP. Kekuatan pengereman, kontrol performa, dan feeling pengeremannya memenangkan hati semua rider. Selain di ranah racing, di dunia modifikasi komponen rem Brembo juga jadi pilihan nomor satu. Tapi, banyak sekali tipe kaliper dan master rem yang ditawarkan sehingga sebagai orang awam pun kita kebingungan apa sih perbedaannya.
Kali ini Webike akan bahas soal kaliper rem Brembo, yakni radial dan axial. Secara garis besar, kaliper axial adalah kaliper yang bautnya dipasang paralel atau sejajar dengan cakram dengan empat baut. Kalau kaliper axial, bautnya dipasang sejajar dengan shock depan dengan dua baut. Kaliper radial dipakai untuk motor-motor sport karena posisi pemasangannya membuat pergantian disc cakram jadi lebih mudah, khususnya saat racing. Selain itu, posisi kaliper juga lebih kokoh dengan sokongan banyak baut, dan performanya hanya dapat dirasakan jika dipasang ke motor cc besar.
Kaliper Radial Mount
■Seri utama kaliper radial mount Brembo
Kaliper radial mount umumnya dipakai di hampir semua sportbike modern. Orientasi atau arah baut pemasangannya berubah dan pitch kalipernya dibuat lebih lebar, sehingga kaliper lebih kuat. Kamu juga bisa mengubah ukuran disc cakram dengan memakai collar offset. Kebanyakan motor keluaran Jepang memakai yang ukuran pitch 108mm, tapi kalau motor-motor Eropa dan motor Jepang yang seri flagship atau paling premium seringkali pakai yang pitch 100mm.
Kaliper GP4-MS Pitch 100mm
CNC Machined / Monoblock
■Kaliper CNC machined monoblock Brembo, GP4-MS
Spek:
-Mounting pitch: 100mm
-Diameter piston: 30mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, monoblock)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 945g
-Finishing: Nickel coating
-Dengan seal debu terpasang
GP4-MS adalah model flagship atau nomor satu dari seri High Performance Kit Series Brembo. Kaliper ini punya semua keunggulan Brembo: machining, monoblock, dan nickel coating. 1 piece kaliper (monoblock) saja sudah dapat memperlihatkan betapa hebatnya kaliper ini. Nickel coating yang indah tidak hanya sebagai pemanis saja, tapi juga untuk mengurangi toleransi dan mengontrol pergerakan piston. Kaliper ini tidak cuma enak dilihat, powernya juga top abis. Harganya juga tidak main-main ya.
◆Cek Kaliper Brembo GP4-MS 100mm di sini!
Kaliper GP4-MS Pitch 108mm
CNC Machined / Monoblock
■Kaliper monoblock CNC machined, GP4-MS 108mm
Spek:
-Mounting pitch: 108mm
-Diameter piston: 30mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, monoblock)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 945g
-Finishing: Nickel coating
-Dengan seal debu terpasang
Versi terbaru GP4-MS dengan ukuran mounting pitch 108mm yang umum dipakai motor-motor Jepang. Semua speknya sama persis dengan yang 100mm, bahkan ada tambahan sirip di bagian bawah kaliper yang membuat pelepasan panas jadi lebih efektif hingga 15-20%.
◆Cek Kaliper Brembo GP4-MS 108mm di sini!
Kaliper GP4-RX
CNC Machined / 2-piece
■Kaliper CNC machined 2-piece Brembo, GP4-RX
Spek:
-Mounting pitch: 108mm / 100mm / 130mm
-Diameter piston: 32mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): 108mm Sekitar 925g / 100mm Sekitar 830g / 130mm Sekitar 1000g
-Finishing: Nickel coating
-Dengan seal debu terpasang
GP4-RX adalah model top untuk seri kaliper radial non-monoblock. Kaliper ini tidak memerlukan pin kampas rem karena sudah terpasang secara sistematis ke body kalipernya. GP4-RX memiliki bobot yang sangat ringan, hanya 830 gram untuk yang model pitch 100mm dan memiliki nickel coating sama seperti GP4-MS. Seri ini juga ada yang sesuai dengan pitch 130mm yang biasanya untuk motor YZF-R1 2007-2014 dan model-model lainnya!
◆Cek Kaliper GP4-RX di sini!
Kaliper 484 Cafe Racer
CNC Machined / 2-piece
■Kaliper CNC machined 2-piece Brembo, 484 Cafe Racer
Spek:
-Pitch: 108mm / 100mm
-Diameter piston: 32mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 950g
-Finishing: Black anodized
-Dengan seal debu terpasang
Seperti yang tertera di namanya, kaliper ini dirancang khusus untuk motor cafe racer. Sampai beberapa tahun lalu, namanya cuma “.484” yang mengacu ke kapasitas kaliper dalam ukuran inci kubik yang biasa dipakai di motor-motor Harley dan sejenisnya. Desain kalipernya terlihat fresh dan berbeda dari kaliper-kaliper Brembo lainnya. Tersedia dalam dua ukuran pitch 100mm dan 108mm..
◆Cek Kaliper 484 di sini!
Kaliper GP4-RB
CNC Machined / 2-piece
■Kaliper CNC machined 2-piece Brembo, GP4-RB
Spek:
-Pitch: 108mm / 100mm
-Diameter piston: 30/34mm (4P dengan diameter yang berbeda)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 1000g
-Finishing: Black anodized
-Dengan seal debu terpasang
Kaliper radial billet memiliki model berlekuk ala kaliper racing. Dirancang oleh insinyur Brembo menggunakan teknologi racing untuk memaksimalkan kekuatan pengeremannya. Dilengkapi dengan piston 30/34mm dengan diameter berbeda agar performanya stabil dan lebih mudah dikontrol. Tersedia dalam pilihan pitch 100mm dan 108mm, bisa dipakai di semua model sportbike.
◆Cek Kaliper GP4-RB di sini!
Kaliper GP4-RS
Cast / Monoblock
■Kaliper cast monoblock kaliper, GP4-RS
Spek:
-Pitch: 108mm
-Diameter piston: 30mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (Cast, monoblock)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 930g
-Finishing: Anodized titanium
-Dengan seal debu terpasang
Pertama kali diluncurkan pada akhir 2016, GP4-RS memiliki bobot yang 10% lebih ringan dibandingkan dengan seri M4 berkat teknologi casting yang sangat rumit. Fitur GP4-RS yang paling utama adalah siripnya. Sirip-sirip ini meningkatkan efek cooling minyak rem sebesar 30%.
◆Cek Kaliper GP4-RS di sini!
Kaliper STYLEMA
Cast / Monoblock
■Kaliper cast monoblock Brembo, STYLEMA
Spek:
-Pitch: 100mm
-Diameter piston: 30mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (Cast, monoblock)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 865g
-Finishing: Anodized Titanium Gray / Anodized Black
-Dengan seal debu terpasang
Bentuk kaliper Stylema sangatlah unik, karena Brembo ingin kaliper ini memiliki keseimbangan yang baik, jadi banyak menghilangkan part yang tidak diperlukan. Dibandingkan dengan kaliper biasa, area piston dan remnya dibuat lebih ramping. Ruang untuk minyak rem juga dibuat lebih kecil, sehingga respon kaliper lebih cepat. Selain itu, pengurangan ukuran membuat kaliper ini 7% lebih ringan dibandingkan dengan seri kaliper Brembo lainnya.
◆Cek Kaliper Stylema di sini!
Kaliper M4
Cast / Monoblock
■Kaliper Brembo cast monoblock, M4
Spek:
-Pitch: 100mm / 108mm
-Diameter piston: 34mm (diameter yang sama 4P)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (Cast, monoblock)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): 100mm Sekitar 1,015g / 108mm Sekitar 1,010g
-Finishing: Black anodized / Anodized titanium / fluorescent yellow / red white logo / red black logo
-Dengan seal debu terpasang
Teknologi kaliper monoblock menuai sukses di MotoGP 90an dan saat ini sudah biasa digunakan di luar racing. Kaliper M4 tidak hanya memiliki performa juara, tapi variasi warnanya juga banyak!
◆Cek Kaliper M4 di sini
Kaliper Axial Mount
■Kaliper axial top Brembo
Kaliper axial pitch 40mm atau biasa dibilang model old sudah lama jadi standar kaliper dunia. Walau tipe radial makin lebih sering dipakai untuk sportbike, kaliper axial juga masih eksis! Beberapa orang lebih memilih kaliper ini yang lebih serasi dengan tampilan motor.
Kaliper P4-40RR
CNC Machined / 2-piece
■Kaliper CNC machined 2-piece Brembo, P4-40RR titanium
Spek:
-Pitch: 40mm
-Diameter piston: 30/34mm (4P dengan diameter yang berbeda)
-Bahan piston: Titanium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 600g
-Finishing: Hard anodized
-Tanpa seal debu
-Lainnya: Baut Titanium/kampas pin
Kaliper P4-40RR adalah seri paling top kaliper axial mount 40mm dengan beragam komponen berbahan titanium yang dipakai. Body kaliper terbuat dari Aluminium CNC dengan kelengkapan piston, pin kampas, dan baut titanium yang membuat bobot kaliper beserta kampasnya hanya 600 gram saja. Kalau model standar lainnya memiliki bobot hingga 780 gram!
◆Cek Kaliper P4-40RR di sini!
Kaliper P4-40RB
CNC Machined / 2-piece
■Kaliper CNC machined 2-piece Brembo, P4-40RB
Spek:
-Pitch: 40mm
-Diameter piston: 30/34mm (4P dengan diameter yang berbeda)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (CNC machined, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 780g
-Finishing: Black anodized
Ini adalah versi kaliper axial standar. Harganya cukup terjangkau mengingat ada beberapa komponen yang berbahan titanium. Walau lebih berat dari P4-40RR, tetap 100 gram lebih enteng dari yang tipe casting!
◆Cek Kaliper P4-40RB di sini!
Kaliper P4-40C
Cast / 2-Piece
■Kaliper cast 2-piece Brembo, P4-40C
Spek:
-Pitch: 40mm
-Diameter piston: 30/34mm (4P dengan diameter yang berbeda)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (Cast, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 880g
-Finishing: Anodized
Kaliper ini adalah tipe kedua ke bawah axial 40mm. Ada aksen bendera italia di bodynya. Walau harganya lebih masuk dompet di antara lainnya, performanya tetap bagus khas Brembo.
◆Cek Kaliper P4-40C di sini!
Kaliper P4-40R
Cast / 2-Piece
■Kaliper cast 2-piece Brembo, P4-40R
Spek:
-Pitch: 40mm
-Diameter piston: 30/34mm (4P dengan diameter yang berbeda)
-Bahan piston: Aluminium
-Bahan body: Aluminium alloy (Cast, 2-piece)
-Berat (satu sisi, termasuk kampas): Sekitar 880g
-Finishing: Anodized
Kaliper ini tipe paling bawah axial 40mm. Ada sedikit perubahan model beberapa tahun lalu, tapi tidak begitu berbeda. Mungkin kalau dengan kaliper Brembo 40mm, model kaliper ini yang kamu kenali.
◆Cek Kaliper P4-40R di sini!
Ada banyak hal yang harus dipikirkan saat mengganti kaliper
Coba lihat dulu kaliper yang saat ini terpasang di motormu:
(1) Metode pemasangannya apa, radial atau axial?
(2) Berapa pitchnya?
(3) Kamu mau ganti kaliper biar apa? Untuk dipakai sehari-hari atau racing? Untuk trek-trekkan sesekali atau balapan yang hardcore?
Sesepuh EWC National Motos Honda Mau Balas Dendam
Proyek Suzuki CN Challenge Baru Soroti Isu Lingkungan di EWC