Test Ride dan Ulasan Honda Super Cub C50

  • 02/11/2018
  •  1,438 views

Pada tanggal 16 Juli dan 24 September 2018, event perayaan 20 tahun pembukaan Honda Collection Hall dilaksanakan di area selatan sirkuit Twin Ring Motegi. Biasanya test ride dilakukan oleh banyak pembalap dan pihak lainnya, namun test ride kali ini secara khusus menampilkan produk-produk komersial Honda dari model paling awal hingga saat ini.

Super Cub Generasi Kedua dengan Mesin OHC

Pada pertengahan akhir tahun 1960-an, peningkatan pendapatan masyarakat perlahan mengubah pandangan mereka mengenai motor. Mereka menginginkan motor yang cepat, tidak bising, aman, dan mudah dioperasikan tidak seperti generasi pertama Super Cub C100 yang diluncurkan pada tahun 1958 yang diperkirakan ada keterbatasan pada mesin OHV untuk mengurangi kebisingan valve system dan meningkatkan ketahanan. Maka dari itu, mesinnya diperbarui menjadi OHC dan dilakukan tinjauan perubahan pada desain, saklar, perlengkapan lampu dan lainnya. Target pengembangan C50, generasi kedua Super Cub, yang dinamakan “Strategi Tsubame” adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kesunyian dan ketahanan mesin.
  2. Dimensi dan berat mesin jangan sampai melebihi C100 generasi pertama.
  3. Meningkatkan sistem pengoperasian, seperti memindahkan saklar lampu ke area stang.

Mesin motor C50 diperkenalkan pada tahun 1966 dan menjadi basis generasi ketiga, seri 72cc dan 90cc juga mulai diproduksi. Super Cub C50 pada dasarnya diproduksi dengan struktur yang sama sampai direnovasi menyeluruh pada tahun 2012 untuk mengikuti regulasi emisi knalpot tahun 2007 sehingga menjadi dasar kejayaan seri Super Cub.

[HONDA Super Cub C50 produksi 1967] Super Cub C50 diluncurkan pada tahun 1966, delapan tahun kemudian sejak peluncuran Super Cub C100 dan mengubah mesin OHV ke mesin OHC yang baru dirancang. Tampilan luarnya juga diperbarui dengan pembesaran ukuran lampu sein dan lampu belakang agar lebih mudah dilihat. Foto di atas menampilkan Super Cub C50 model tahun 1967. Mesin OHC 1 silinder 4-tak berpendingin cairan 49cc 4,8ps/10000rpm 69kg dengan kopling sentrifugal otomatis.

[HONDA Super Cub C50 model tahun 1967] Super Cub C50 diluncurkan pada tahun 1966, delapan tahun kemudian sejak peluncuran Super Cub C100 dan mengubah mesin OHV ke mesin OHC yang baru dirancang. Tampilan luarnya juga diperbarui dengan pembesaran ukuran lampu sein dan lampu belakang agar lebih mudah dilihat. Foto di atas menampilkan Super Cub C50 model tahun 1967. Mesin OHC 1 silinder 4-tak berpendingin cairan 49cc 4,8ps/10000rpm 69kg dengan kopling sentrifugal otomatis.

[Ulasan] Mengejutkan, Tidak Banyak Perubahan dengan Model Saat Ini

Kali ini, C50 mengejutkan saya. Saya menulis C100 model sebelumnya sebagai “tidak jauh berbeda dari Cub model saat ini” karena generasi kedua cukup baik untuk dianggap sebagai “unik dan berbeda” dari model saat ini! Sebenarnya, jika Anda melakukan test ride model tahun 1967 dengan mata tertutup, Anda akan merasa bahwa itu tidak sama dengan Cub 50 tahun yang lalu. Terlepas dari itu, tingkat kelengkapan tiap bagian sangatlah menakjubkan. Mesinnya tidak bising dan gearbox kopling sentrifugal otomatisnya pun mulus. Performa suspensi dan rem juga meningkat drastis dan tentu saja tidak mengeluarkan asap putih. Area riding position-nya diperluas sehingga terdapat kesan tangguh dan mumpuni serta menghilangkan kesan ramping yang terasa pada C100.

Walaupun model pada C50 akan diperbarui seluruhnya, tentu saja intinya adalah pembaruan mesin OHC. Mesin ini disebut “C50E” yang diperbarui menjadi OHC pada tahun 1965 yang digunakan untuk Super Cub C65. Sekitar 40 tahun kemudian, mesin ini diperbarui pada tahun 2012 dan menjadi mesin yang terus digunakan dan diperbarui. Styling dan lampu depan serta handlebar mount didesain hingga menjadi bentuk dasar Super Cub yang sekarang ini.

Sulit dipercaya Super Cub C50 diluncurkan hanya 14 tahun setelah Cub F dan sudah bertahan selama lebih dari 50 tahun hingga saat ini. Bahkan pada saat test ride (2017), saya pun merasa tidak ada yang berbeda; seperti mengendarai Cub pada umumnya. Honda mengikuti perlombaan Isle of Man TT untuk pertama kalinya pada tahun 1959 dan tiga tahun kemudian pada perlombaan tahun 1961, Honda mendominasi kelas 125 dan 250cc (masing-masing menempati podium 1, 2, dan 3). Bagaimanakah teknologi Honda terus mencapai progres yang signifikan? Saya dapat merasakan daya persuasifnya.
Test rider: Matsu (Young Machine).

C50 perlahan-lahan menjadi lebih besar, riding position-nya juga memiliki ruang lebih luas daripada C100. Apakah faktor keamanan yang membuat berat motor ini menjadi hampir 15 kg?

C50 perlahan-lahan menjadi lebih besar, riding position-nya juga memiliki ruang lebih luas daripada C100. Apakah faktor keamanan yang membuat berat motor ini menjadi hampir 15 kg?

C50E terus diusung motor Cub selama lebih dari 40 tahun. Bore x stroke sebesar 39 x 41,4mm terus tidak berubah hingga pada akhirnya diubah menjadi 37,8 x 44mm pada model tahun 2012.

C50E terus diusung motor Cub selama lebih dari 40 tahun. Bore x stroke sebesar 39 x 41,4mm terus tidak berubah hingga pada akhirnya diubah menjadi 37,8 x 44mm pada model tahun 2012.

Sumber Data: Honda Motor Co., Ltd./Honda Motorcycle Japan
Fotografer: Toru Hasegawa / Honda

Sumber [ Young Machine (Bahasa Jepang) ]

Lihat Laman Indeks Motor HONDA
Lihat Aksesoris untuk HONDA Super Cub C50

Related post

Hot news

  1. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC
  2. Loris Cresson
  3. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  4. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC

New Products

Return Top