Test Ride Indian FTR1200, Motor Terbaru yang Luar Biasa

  • 28/06/2019
  •  1,121 views

Toshihiro Wakayama melakukan test ride Indian FTR 1200 dan inilah tanggapannya.

Stabil Saat Bermanuver

FTR 1200 merupakan motor sport on-road produksi Indian Motorcycle yang terinspirasi dari motor flat track racer FTR 750. Velg depan dan belakang berukuran 19 dan 18 inci (motor balap biasanya memakai 19 inci). Lalu, jarak sumbu rodanya 1.524 mm, 100 mm lebih panjang dari jarak sumbu roda motor road sport yang membuat kita semua bertanya-tanya apakah motor ini akan bermanuver dengan baik?

Seperti yang terlihat di video test ride, ternyata manuvernya baik sekali. Velg depan dan belakang 19&18 inci andalannya memang sangat imbang dan motor ini sangat lincah dan stabil saat berbelok.

FTR 1200 dapat dijalankan dengan amat mulus dan gerakannya pun elegan. Selain itu, Motor ini dapat berbelok dengan lincah, namun masih bisa dikendalikan dengan baik. Walaupun FTR 1200 memiliki velg depan berukuran besar, rider tidak perlu memutar stang dan juga membungkukkan badan ke dalam saat berbelok. FTR 1200 dapat berbelok dengan mudah tanpa terasa berat.

Keseimbangan motor yang baik juga menjadi faktor utama untuk meningkatkan performanya. Motor ini cukup kokoh dan stabil saat dipacu dalam kecepatan tinggi sekalipun. Pivot shaft-nya ditopang oleh crankcase untuk memendekkan jarak sumbu rodanya yang menjadikan motor ini memiliki keseimbangan yang baik.

190603_02-680x454

190603_03-680x454

Lalu, stroke atau jarak travel shock depan dan belakang FTR 1200 adalah sebesar 150 mm yang memungkinkan motor ini untuk tetap berlari dengan mulus di atas permukaan jalanan dengan kondisi apapun. Dengan dikombinasikan oleh velg depan berdiameter besar, motor ini semakin mantap bermanuver walaupun di jalanan berbatu maupun berpasir. Silakan lihat video test ride untuk melihat manuver-manuver motor ini.

Filosofi dari motor flat track ialah motor ini merupakan jenis motor yang lihai bermanuver di jalanan menantang penuh pasir dan berbatu dan bukan merupakan jenis motor balap yang beradu di atas sirkuit.

Desain Ekstrim Khas Motor Flat Track

Berkendara dengan posisi badan tegak terasa cukup nyaman dan lebih mudah mengendalikan motor. Dan, jarak pandangnya jelas sehingga membuat rider merasa lebih aman. Hal tersebut dapat dirasakan karena FTR 1200 memakai velg berukuran besar dan shock berukuran panjang. Sudut stangnya juga lebih besar dibandingkan dengan model motor naked lainnya sehingga motor ini dapat meningkatkan pergerakannya. Motor ini juga cocok untuk dipakai di jalanan kota.

Mesinnya berkapasitas 1200 cc, kapasitas terbesar di antara motor sport V-Twin lainnya. Output maksimumnya dikurangi menjadi 120 ps, namun motor ini masih bisa dipacu hingga torsi penuh untuk berkeliling kota. Berkendara dengan motor ini juga terasa mulus, ringan, nyaman, dan powerful.

Test rider Toshihiro memiliki tinggi badan 161 cm dan menurutnya foot grounding motor ini tidak terlalu enak, namun ia tak terlalu mempermasalahkannya. Tangki bahan bakarnya terletak di bawah jok agar massa motor lebih tersentralisasi dan menurunkan pusat gravitasi serta meningkatkan stabilitas ketika kaki dijejakkan di atas tanah.

FTR 1200 memang mewarisi flat track motif dari FTR 750, namun menurut Toshihiro motor ini tak hanya sekedar motor flat track saja. Motor ini merupakan generasi baru penerus FTR 750 yang memiliki adaptabilitas tinggi dan dapat dikendarai di berbagai kondisi jalanan, sehingga dapat dikatakan bahwa FTR 1200 merupakan motor keluaran terbaru yang luar biasa.

Related post

Hot news

  1. Juara Bertahan Yoshimura SERT Motul Tercepat di Latihan Tertutup EWC
  2. Loris Cresson
  3. Simak Jadwal Latihan Privat EWC Le Mans Secara Langsung
  4. 16 Tim Siap Memperebutkan Gelar Juara Formula EWC

New Products

Return Top