Test Ride Yamaha XSR155 2019: Motor Kapasitas Mesin Kecil yang Gesit
- 24/01/2020
1,831 views
Yamaha XSR155 merupakan motor versi kapasitas mesin kecil dari pendahulunya XSR700 dan XSR900 yang juga mewarisi gaya neo klasik dan kemampuan lari yang sangat cepat. Dengan twin super frame ditambah shock depan tipe upside down berperforma tinggi dan kaki-kaki yang mumpuni, Anda dapat berkendara di atas XSR155 dengan mulus dan gesit. Simak test ride yang dilakukan oleh test rider dari Young Machine ini!
Handling yang mudah dioperasikan oleh rider
Sebelumnya, test rider pernah mencoba MT-09 generasi pertama yang menurutnya sedikit tricky. Lalu, ia mencoba XSR900 yang mengambil basis dari MT-09. Ia sempat skeptis dan berpikir mungkin handling-nya tidak akan berbeda dari MT-09. Ketika mencobanya, ia justru terpukau oleh kebolehan XSR900 dan sejak itu menjadi penggemar XSR series. Mesin 845 cc inline-3 berpendingin cairan memang terkadang masih terasa terlalu bertenaga, namun asal kaki-kakinya dapat menyeimbanginya hal itu tidak jadi masalah. XSR series terkenal akan kemampuan larinya ketika digas penuh.
XSR155 memiliki tampilan khas XSR series lainnya. Test rider terkesan dengan motor ini. Ia menilai XSR155 tidak hanya mewarisi penampilan XSR pendahulunya, namun juga mewarisi performa larinya.
Yamaha XSR155 2019: ■ Panjang 2.000 mm, lebar 805 mm, tinggi 1.080 mm, jarak sumbu roda 1.330 mm, tinggi jok 810 mm, berat 134 kg ■ Mesin 155 cc 4 katup SOHC silinder tunggal 4-tak berpendingin cairan, output 19,3 ps/10.000 rpm, transmisi 6-speed tipe return, kapasitas tangki 10 L ■ Rem depan = cakram, rem belakang = cakram ■ Ban depan = 110/70-17, ban belakang = 140/70-17 ■ Harga: Rp 36 jutaan ■ Warna: White x Red, Gray, Black
Dilengkapi dengan twin spar frame dan shock depan tipe upside down serta dikombinasikan dengan pergerakan kaki-kaki yang mulus, XSR155 adalah motor yang sangat mudah dikendalikan dan gesit di tikungan. XSR155 adalah tipe motor yang cukup fleksibel dan mengikuti gaya berkendara masing-masing rider.
Rem depan dan belakangnya lumayan pakem dan aman jika Anda ingin kebut-kebutan. Walaupun ada perbedaan signifikan antara power dan bobotnya, XSR155 menampilkan kesan berkendara yang sama dengan kakaknya, XSR900. Konsumsi bahan bakar selama test ride berada di angka 38,7 km/L. Bagus sekali.
XSR155 memiliki rangka twin spar yang berbahan baja. Walaupun basisnya adalah MT-15, XSR155 tetap setia mengikuti gaya XSR series lainnya. Selain itu, XSR155 memakai ban dual purpose tubeless yang dirancang untuk berkendara dalam berbagai kondisi jalan.
XSR155 memakai mesin bertenaga yang juga dipasang di YZF-R15 dan MT-15 dengan mekanisme VVA (Variable Valve Action) yang berpindah antara low cam dan high cam di bagian intake dengan mendorong pin koil solenoid.
Shock depan XSR155 dilapisi warna emas yang kontras dengan warna merah dan putih dari bodinya. Swing arm-nya terbuat dari aluminum dan suspensi belakangnya memakai tipe mono shock link type. Lalu, untuk urusan pengereman, XSR155 menggunakan rem cakram depan dan belakang. Velgnya adalah jenis racing dari bahan aluminium. Keseluruhan komponen ini menciptakan kaki-kaki dengan kinerja yang sangat baik dan tampilan yang mewah.
Panel meternya berwarna hitam seperti XSR700 dan XSR900 dan mengusung desain yang bulat. Ketika mekanisme variable valve diaktifkan, lampu tanda “VVA” akan menyala.
XSR155 memiliki basis MT-15 yang dirilis terlebih dahulu. Dibandingkan dengan XSR155, MT-15 lebih mahal, memiliki jarak sumbu roda 5 mm lebih panjang dan bobotnya 1 kg lebih ringan.
Jika ada versi 125 cc, pasti bakalan laku keras!
XSR155 nantinya akan ada part OEM-nya sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengganti part. Lalu, jika Yamaha mengeluarkan versi 125 cc dari XSR155, pasti banyak orang yang akan tertarik.
XSR155: Sangat direkomendasikan untuk Anda!
XSR155 dapat menjadi jawaban untuk Anda yang sedang mencari motor kapasitas mesin kisaran 150 cc yang bandel dan jago lari serta mengusung tampilan neo klasik yang tak lekang oleh waktu. Jadi, tunggu apa lagi?
Sumber [ Young Machine ]