Triumph Speed Triple 1200 RS 2021: Lebih Ramping dan Garang
- 28/01/2021
876 views
Triumph mengawali awal tahun dengan memperkenalkan Speed Triple 1200 RS terbaru mereka. Setelah 27 tahun beredar di pasaran, kini Triple menjadi lebih ramping dan bertenaga dari yang sebelumnya.
Menurut Hinckley, Speed Triple terbaru bukanlah sebuah evolusi, melainkan sebuah revolusi. Maksudnya, walau Triumph memperkenalkan generasi terakhir dari seri ini hanya tiga tahun silam, Triumph menghadirkan kembali motor ini ke jajaran produksi mereka dan mengerjakannya dengan rencana matang sehingga motor aktualnya terlihat makin bagus dibanding foto-foto spy shotnya yang sempat beredar. Mari kita lihat lebih dekat ke motor streetfighter asal Inggris terbaru ini.
◆Yamaha SR400 Pensiun Setelah Eksis 43 Tahun
Detail Tampilan dan Body Triumph Street Triple 1200 RS 2021
Bagian lampu depannya persis seperti Street Triple sebelumnya dengan wujud yang tampak garang dan dilengkapi dengan lampu LED. Pipa knalpotnya kini diset lebih rendah sehingga jika dikombinasikan dengan desain tail yang naik, akan memberikan ruang lebih di bawah subframe sehingga desain motor nampak lebih rapi. Desain Street Triple yang sekarang tampil dengan sedikit facelift dengan visual yang terlihat minimalis, namun sebenarnya urusan dapur pacunya tidak sesederhana itu.
Rangka itu bukanlah satu-satunya komponen yang membuat motor menjadi lebih ringan karena mesinnya kini lebih ramping dan 6,8 kg lebih ringan dari sebelumnya. Triumph menggantikan aki lead-acid klasik dengan Lithium-ion yang 60 persen lebih ringan. Triumph juga mampu mengurangi berat motor lagi dengan memasangkan part-part yang lebih ringan, seperti as belakang, cush drive, slip & assist clutch dan sistem pendingin. Hal tersebut dapat mengurangi lebih dari 9 kg dari total berat Speed Triple RS.
Di atas rangka baru Speed Triple 1200 RS, Triumph memilih tangki bahan bakar dan jok yang lebih ramping dan stang lebih besar untuk meningkatkan pengalaman berkendara rider di atas jok. Jok yang lebih slim kini duduk di 32,6 inci di atas tanah, sedikit lebih tinggi dari model sebelumnya. Bentuknya yang melengkung ke atas juga membuat rider lebih leluasa berganti posisi berkendara. Footstepnya juga dipasang lebih masuk ke dalam agar menambahkan ground clearance motor tanpa mengorbankan ruang gerak kaki.
Soal kaki-kakinya, Speed Triple 1200 RS ditopang oleh produk-produk dari Ohlins termasuk shock depan 43 mm NIX30 dengan preload adjuster, rebound dan compression damping dan panjang travel 4,72 inci serta shock belakang monoshock twin-tube TTX36 dengan preload adjuster, rebound dan compression damping dan panjang travel 4,72 inci.
Triple terbaru ini dipasangkan velg racing aluminium 17 inci yang dibalut ban Metzeler Racetec RR dan komponen-komponen Brembo agar performa mesin tetap terjaga. Pengaturan ini juga termasuk dua cakram 320 mm dengan kaliper monobloc Stylema di bagian depan dan cakram 220 mm dengan kaliper twin-piston di bagian belakang.
Mesin Triumph Speed Triple 1200 RS 2021
Speed Triple ini ditenagai oleh mesin yang benar-benar baru, yakni mesin inline-triple 1.160 cc yang memproduksi output besar 178 hp dan torsi 125,1 Nm. Output dan torsi tersebut lebih besar 30 hp dan 8 Nm dibandingkan dengan Speed Triple 1050 RS. Batas redline-nya juga sudah ditingkatkan hingga menjadi 11.150 rpm. Speed Triple 1200 RS hadir dengan berat yang lebih ringan dan mesin yang lebih bertenaga, sehingga menjadikannya sebagai Speed Triple keluaran Triumph yang paling radikal hingga detik ini.
Mesinnya juga serasi dengan transmisi 6-percepatan terbarunya yang memiliki progresi rasio yang telah dioptimalkan yang menurut Triumph “menyuguhkan pergantian gigi Speed Triple yang paling mulus”. Dilengkapi pula dengan quickshifter untuk penggantian gigi tanpa harus menekan tuas kopling.
Untuk performa mesin yang lebih mumpuni, Triumph membekali Speed Triple 1200 RS dengan intake dan exhaust system yang tak kalah jago. Dari video yang dirilis Triumph, kita bisa dengar kalau suara yang dihasilkan mampu membuat bulu kuduk berdiri.
Teknologi Triumph Speed Triple 1200 RS 2021
Di bagian cockpit, Speed Triple terbaru ini mempunyai display TFT 5 inci baru yang mengurangi efek pantulan dan juga tersedia user interface yang sudah diupdate. Triumph mengklaim bahwa speedometer dan tachometer barunya ini dirancang khusus agar rider mudah membaca dan mengatur penyetelannya saat berada di atas motor.
Berkat ride-by-wire throttle, Speed Triple 1200 RS dapat menyediakan lima mode berkendara (Rain, Road, Sport, Track dan Rider) yang mengadaptasi setting throttle, ABS dan traction control sesuai kebutuhan rider. Mode Track hadir dengan fungsi time attack sementara mode Rain membatasi output motor sampai 98 hp.
Sistem onboard terbarunya juga menjadikan motor untuk kompatibel dengan aplikasi MyTriumph Connectivity yang memungkinkan rider untuk menyambungkan panggilan, stream lagu, mengontrol setting kamera GoPro dan menampilkan instruksi navigasi.
Fitur-fitur teknologi lainnya yang ditawarkan oleh Speed Triple terbaru ini termasuk cornering ABS dengan modulator MIB-EVO yang memperhalus input sistem dan memiliki mode track untuk mengurangi intrusi, cruise control, anti-wheelie control yang tidak terlalu invasif, kontak dan tutup tangki tanpa kunci, lampu sein self-cancelling dan backlit control.
Jika semua fitur yang telah disebutkan itu masih kurang bagi Anda, Triumph juga menawarkan pilihan fitur opsional dan menu 35 aksesoris untuk keperluan custom Speed Triple 1200 RS. Anda bisa tambahkan beragam aksesoris seperti heated grip, box, tire pressure monitoring system dan berbagai pilihan lainnya yang akan semakin menambah kenyamanan dalam berkendara.
Seluruh fitur-fitur menggoda ini membuat harga Triumph Speed Triple 1200 RS 2021 melonjak naik. Harga kisarannya adalah $18.300 (setara dengan 258,4 juta Rupiah, 25 juta lebih mahal dari Speed Triple 1050 RS). Triumph juga mengonfirmasi bahwa hanya Speed Triple 1200 RS yang berupa trim-level, sehingga menghilangkan base S model. Di Amerika Serikat, Speed Triple 1200 RS diperkirakan akan mulai dipasarkan pada akhir Maret 2021.
Sumber [ Ride Apart ]