ZX-10R Custom by STRIKER Japan Custom Culture
- 01/11/2022
1,019 views
Japan Custom Culture
Profil
Sang pemilik membeli motor ZX-10R ini untuk sports riding. Biasanya ia pakai Zephyr 1100 yang merupakan empunya Z900RS. Sebelumnya ia sudah pernah menyerahkan Zephyr 1100nya untuk dicustom oleh STRIKER, dan sekarang giliran ZX-10R. Sebenarnya motor ini speknya sudah spek dewa, jadi ruang untuk custom pun kelihatannya terbatas. Makanya permainan settingan dan penempatan sangatlah penting.
Motor supersport memiliki kualitas yang sangat tinggi, tapi mungkin ada hal-hal yang kurang sesuai dengan postur ridernya. Bagi beberapa orang, stangnya mungkin terlalu lebar, stepnya terlalu dekat atau maju. Agar lebih proporsional, pada motor ini footstep dibuat agar posisi rider lebih maju dan shock depan belakang disetel agar lebih pas dengannya. Settingan seperti ini penting untuk kenyaman rider dan memaksimalkan potensi motor. Selain itu, penggantian part juga memiliki peran penting
Stang
Spion carbon dari Magical Racing adalah produk yang populer di kalangan motor supersport karena selain ringan ia juga bisa meredam getaran. Model spionnya sangat berkelas.
Stang dari Gilles Tooling umumnya dipakai oleh para rider pecinta touring. Dari segi stang, sudut pullbacknya tidak terlalu sempit jadi cocok buat racing atau di jalanan biasa.
Intake & Exhaust
Knalpotnya pakai seri Arata dari STRIKER. Dikombinasikan dengan chip Yoshimura BAZZAZ, knalpot full systemnya sangat mulus dan bebas masalah ketika dipakai.
Bodywork
Tail cowlnya dibuat oleh pabrikan dari luar Jepang dan fitmentnya pun tidak diketahui cocok ke ZX-10R atau tidak. Tapi, pemasangannya sulit, terlebih di bagian pengkabelan lampu belakang dan seinnya.
Sasis
Rearsetnya buatan STRIKER dan bisa disetel ke dlama 6 posisi. Kalau untuk racing bisa diset lebih maju karena muatan di depan vital agar motor makin cepat. Rearset bisa juga dibuat lebih mundur agar posisi badan bisa lebih natural.
Shock depannya disetel oleh Hirokawa Motors dengan per HyperPro. Performa shock saat racing maupun tidak jadi lebih mantap.
Shock belakang buatan Ohlins mengoptimalkan keseimbangan antara shock depan dan belakang. Menyetel ulang jadi lebih mudah dengan referensi data yang banyak.
Dengan menggunakan BAZZAZ auto-shifter, rider bisa ganti gear dengan keadaan gas terbuka lebar. Fungsi ini bagus untuk racing, dan dalam beberapa tahun terakhir banyak juga dipakai untuk touring karena bisa memangkas waktu untuk ganti gear.
Galeri
Spek
Part | Detail |
---|---|
Mesin | Frame Slider BABYFACE |
Knalpot | Knalpot Full System STRIKER Arata |
Rem | Radial Pump Brake Master GALE SPEED |
Suspensi |
Per Shock Depan HYPERPRO Shock Belakang OHLINS TTX-GP 2018 |
Rearset | Rearset Kit STRIKER |
Stang |
Stang GP-LIGHT 2 GILLES TOOLING Spion Replica Racer TYPE-4 Magical Racing Dudukan Kopling GALE SPEED |
Bodywork | Windshield Racing Puig |
Kelistrikan | YOSHIMURA Bazzaz Performance Chip |